Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Sramble dan Model Directed Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Membaca Teks Aksara Lontara di SMAN 7 Wajo

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5644

Authors

  • Adriani Safitri Akib Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Membaca, Aksara Lontara Bugis, Cooperative Learning, Scramble, Directed Reading Thinking Activity (DRTA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning tipe Scramble dan Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca aksara Lontara Bugis pada siswa kelas XI SMAN 7 Wajo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen I yang menggunakan model Scramble dan kelas eksperimen II yang menggunakan model DRTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca aksara Lontara Bugis. Pada kelas eksperimen I yang menggunakan model Scramble, nilai rata-rata pretest sebesar 61,19 meningkat menjadi 85,53 pada posttest. Sementara itu, pada kelas eksperimen II yang menggunakan model DRTA, nilai rata-rata pretest sebesar 62,25 meningkat menjadi 85,25 pada posttest. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas model Scramble dan DRTA dalam meningkatkan keterampilan membaca aksara Lontara Bugis, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,909 (>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kedua model pembelajaran dapat diterapkan sebagai strategi alternatif dalam meningkatkan keterampilan membaca aksara Lontara Bugis. Model Scramble lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan motivasi belajar, sedangkan model DRTA lebih unggul dalam meningkatkan pemahaman mendalam terhadap isi teks aksara Lontara Bugis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 123-132.

Asdarina, A., Syarifudin, E., & Suherman, S. (2023). Kebijakan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa Banten di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pelestarian Budaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4290-4301. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7727

Azizah, A., & Nuraeni, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(2), 452-462.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran literasi kritis berbasis pendekatan konsep untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Rahim, A. (2018). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran BIPA (studi kasus peserta darmawisata di Universitas Muhammadiyah Makassar).

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326

Rahman, R., Sangadji, V. L. A., Nasaruddin, N., & Sunardi, S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Aksara Lontara Bugis Menggunakan Unity Berbasis Web. Dipanegara Komputer Teknologi Informatika, 15(2), 323-338.

Published

2025-03-24

How to Cite

Adriani Safitri Akib, Johar Amir, & Nensilianti, N. (2025). Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Sramble dan Model Directed Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Membaca Teks Aksara Lontara di SMAN 7 Wajo . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1662–1671. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5644

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>