Pengaruh Penggunaan Media Magic Write dan Media Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Gowa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5649

Authors

  • A. Nurwahida Asmi Safitri Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengaruh, Keterampilan Menulis, Teks Puisi, Media Magic Write, Animasi Powtoon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan media Magic Write dan media Animasi Powtoon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Gowa yang berjumlah 324 siswa, dan sampel yang terpilih adalah siswa Kelas X.1 dan Kelas X.2 yang jumlahnya masing-masing 36 orang siswa. Data dari penelitian ini berupa nilai perolehan siswa dari hasil pretest dan postest. Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi awal, pretest, perlakuan dan postest. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistic deskriptif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X.1 sebelum diberi perlakuan berupa penggunaan media Magic Write dalam proses pembelajaran berkategori tidak terampil dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 53,44. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.2 sebelum diberi perlakuan berupa penggunaan media Animasi Powtoon dalam proses pembelajaran berkategori tidak terampil dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 55,00. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.1 sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan media Magic Write dalam proses pembelajaran berkategori terampil dengan nilai rata-rata hasil postest yakni sebesar 80,08. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.2 sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan media Animasi Powtoon dalam proses pembelajaran berkategori terampil dengan nilai rata-rata hasil postest sebesar 69,55. Setelah merumuskan data hasil Pretest dan Postest dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 26 (International Business Machines Statistical Package for The Social Sciencess 26) uji hipotesis menunjukkan bahwa untuk keterampilan menulis teks puisi menggunakan media Magic Write diperoleh t hitung = 19,916 > t tabel = 1,689 sementara itu untuk keterampilan menulis teks puisi menggunakan media Animasi Powtoon diperoleh t hitung = 13,592 > t tabel = 1,689. Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah penggunaan media Magic Write dan media Animasi Powtoon berpegaruh positif secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, S., & Sari, M. 2021. Pemanfaatan Media Animasi dalan Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 121-130

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Dwi, M., et al. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(3), 245-258

Hidayatin, N., Sunarya, S., & Zaidah, N. 2023. Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 2 Plantungan Kendal Tahun 2022. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya. DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v4i2.14847

Maulidah, Tsalisatul. 2018. Pengembangan Modul Bahasa dan Sastra Indonesia di SMK Kelas X dengan Model Kooperatif Tipe STAD. Media Didaktika.4(2), Hal 127-134.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Oksalia, D. 2018. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(September 2016), 155-160.

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Umamy, E., Efendiy, K., Siwi S, H.L., & Intan A, Z.Z. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Peningkatan Hasil Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Dampit Kabupaten Malang. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11750

Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Published

2025-03-28

How to Cite

A. Nurwahida Asmi Safitri, & Akmal Hamsa. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Magic Write dan Media Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1696–1709. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5649

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)