Pengaruh Penggunaan Media Magic Write dan Media Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Gowa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5649
Keywords:
Pengaruh, Keterampilan Menulis, Teks Puisi, Media Magic Write, Animasi PowtoonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan media Magic Write dan media Animasi Powtoon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Gowa yang berjumlah 324 siswa, dan sampel yang terpilih adalah siswa Kelas X.1 dan Kelas X.2 yang jumlahnya masing-masing 36 orang siswa. Data dari penelitian ini berupa nilai perolehan siswa dari hasil pretest dan postest. Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi awal, pretest, perlakuan dan postest. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistic deskriptif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X.1 sebelum diberi perlakuan berupa penggunaan media Magic Write dalam proses pembelajaran berkategori tidak terampil dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 53,44. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.2 sebelum diberi perlakuan berupa penggunaan media Animasi Powtoon dalam proses pembelajaran berkategori tidak terampil dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 55,00. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.1 sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan media Magic Write dalam proses pembelajaran berkategori terampil dengan nilai rata-rata hasil postest yakni sebesar 80,08. Keterampilan menulis teks puisi siswa Kelas X.2 sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan media Animasi Powtoon dalam proses pembelajaran berkategori terampil dengan nilai rata-rata hasil postest sebesar 69,55. Setelah merumuskan data hasil Pretest dan Postest dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 26 (International Business Machines Statistical Package for The Social Sciencess 26) uji hipotesis menunjukkan bahwa untuk keterampilan menulis teks puisi menggunakan media Magic Write diperoleh t hitung = 19,916 > t tabel = 1,689 sementara itu untuk keterampilan menulis teks puisi menggunakan media Animasi Powtoon diperoleh t hitung = 13,592 > t tabel = 1,689. Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah penggunaan media Magic Write dan media Animasi Powtoon berpegaruh positif secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Gowa.
Downloads
References
Ariani, S., & Sari, M. 2021. Pemanfaatan Media Animasi dalan Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 121-130
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Dwi, M., et al. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(3), 245-258
Hidayatin, N., Sunarya, S., & Zaidah, N. 2023. Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 2 Plantungan Kendal Tahun 2022. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya. DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v4i2.14847
Maulidah, Tsalisatul. 2018. Pengembangan Modul Bahasa dan Sastra Indonesia di SMK Kelas X dengan Model Kooperatif Tipe STAD. Media Didaktika.4(2), Hal 127-134.
Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Oksalia, D. 2018. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(September 2016), 155-160.
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
Umamy, E., Efendiy, K., Siwi S, H.L., & Intan A, Z.Z. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Peningkatan Hasil Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Dampit Kabupaten Malang. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11750
Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.