Pengaruh Media Video dan Gambar GIF terhadap Keterampilan Menyimak Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kahu

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5762

Authors

  • Nurfadilla Nurfadilla Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar
  • Muh Saleh Universitas Negeri Makassar

Keywords:

media video, media gambar gif, keterampilan menyimak teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menyimak teks berita sebelum menggunakan media video pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kahu; (2) mendeskripsikan keterampilan menyimak teks berita sebelum menggunakan media gambar GIF pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Kahu; (3) mendeskripsikan keterampilan menyimak teks berita setelah menggunakan media video pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kahu; (4) mendeskripsikan keterampilan menyimak teks berita setelah menggunakan media gambar GIF pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Kahu; (5) membuktikan pengaruh signifikan keterampilan menyimak teks berita dengan media video pada siswa kelas VIII B; (6) membuktikan pengaruh signifikan keterampilan menyimak teks berita dengan media gambar GIF pada siswa kelas VIII C. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pra-eksperimen, desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian berjumlah 70 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 4 Kahu, dipilih secara simple random sampling dengan sampel kelas VIII B dan VIII C, masing-masing 23 orang, serta kelas VIII A sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII B sebelum penggunaan media video termasuk kategori kurang terampil (69.39); 2) Keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII C sebelum penggunaan media gambar GIF termasuk kategori kurang terampil (65.65); 3) Keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII B setelah penggunaan media video termasuk kategori cukup terampil (81.83); 4) Keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII C setelah penggunaan media gambar GIF termasuk kategori cukup terampil (81.65); 5) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video terhadap keterampilan menyimak siswa kelas VIII B dengan thitung = 4.699 > 1.71714, H0 ditolak, H1 diterima; 6) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan media gambar GIF terhadap keterampilan menyimak siswa kelas VIII C dengan thitung = 7.858 > 1.71714, H0 ditolak, H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, S. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, Vol. 3, 266–270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605

Deliyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Hendrawani. (2019). Peningkatan kemmapuan menyimak verita menggunakan media audiovisual. 1–19.

Kurnia. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Marlina, L. (2021). Kemampuan Menyimak Berita Melalui Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Siswa Kelas VIII SMPN Satap 13 Kolaka Utara. 7(353–365), 352–365.

Muthmainnah, -. (2017). Peranan Terapi Menggambar Sebagai Katarsis Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 524–529. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12338

Rahmawati, V., & Perdana, P. I. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Game Educaplay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Polagan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 21907–21914.

Sari, Y. P. (2019). Pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa eklas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. 5–10.

Susetyo. (2020). Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 11–20. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/index

Zakiah. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Published

2025-05-01

How to Cite

Nurfadilla, N., Akmal Hamsa, & Muh Saleh. (2025). Pengaruh Media Video dan Gambar GIF terhadap Keterampilan Menyimak Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kahu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2034–2051. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5762

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)