Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Gowa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5760

Authors

  • Rini Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, asesmen, serta tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 2 Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dimulai dengan tahap perancangan dengan melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik melalui asesmen diagnostik. Pelaksanaan pembelajaran diferensiasi diterapkan pada aspek konten, proses, dan produk, dengan menyesuaikan gaya belajar, minat, dan tingkat kesiapan peserta didik. Pada aspek asesmen, guru menyesuaikan bentuk penilaian dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, namun memerlukan dukungan lebih lanjut berupa pelatihan, pendampingan, dan kebijakan yang mendukung fleksibilitas pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif dan inklusif, khususnya di tingkat pendidikan menengah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.

Anggraeni, M., Susanti, A. D., Verbal, K., Materiil, K., & Pendidikan, L. (2024). Eksplorasi Kultur Sekolah dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Akuntansi pada salah satu SMK di Karanganyar. 2(2), 1–17.

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi Pendidikan: Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada 3 SMA Penggerak di Jawa Tengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 69–86. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/419

Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 15928–15939. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5470

Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 441–455. https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1288

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Menekankan pada Pemberian Peluang Lebih Aktif pada Peserta Didik. Harmony, 7(2), 66–75.

Wahyuni S; Thahir A; Karma R; Putri A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi di Tingkat SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 264–269. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Anekdot untuk Siswa SMA. Semantik, 12(1), 61–74. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74

Published

2025-05-01

How to Cite

Rini Amriani, Johar Amir, & Nensilianti, N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2026–2033. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5760

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>