AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI: DAMPAK PADA SPASIAL REASONING SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5953

Authors

  • Sugian Nurwijaya Universitas Pattimura
  • Muhammad Ikhsan Sukaria Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Augmented Reality, pembelajaran geometri, spatial reasoning, teknologi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran geometri terhadap kemampuan spatial reasoning siswa. Spatial reasoning merupakan kemampuan kognitif penting dalam memahami konsep-konsep geometri, terutama yang berkaitan dengan visualisasi, rotasi, dan transformasi objek dalam ruang tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan dua kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone yaitu kelas VIIIb dan VIIIc yang dilaksanakan dimulai pada tanggal 3 Februari sampai tanggal 24 Februari 2025. Kelas VIIIb sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis AR dan kelas VIIIc sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional masing masing 30 sampel. Instrumen pengumpulan data berupa tes spatial reasoning yang dikembangkan berdasarkan indikator visualisasi spasial, orientasi spasial, dan rotasi mental. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata skor spatial reasoning siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol. Rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,70 sementara pada kelas kontrol sebesar 70,10. Hasil uji-t sampel berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan Siswa yang belajar dengan bantuan AR menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan menginterpretasikan dan memanipulasi objek geometri secara visual dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pembelajaran geometri dapat menjadi strategi efektif untuk memperkuat keterampilan spasial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azuma, R. T. (2018). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385. https://doi.org/10.1162/105474698565686

Bujak, K., Lamas, D., & García, J. M. (2018). Augmented reality applications for learning geometry: A review. Journal of Educational Technology & Society, 21(3), 156-168.

Cohen, J., Gorsky, P., & Braham, R. (2021). The integration of augmented reality into classroom learning: A case study in teacher professional development. Journal of Educational Research and Practice, 11(1), 121-130. https://doi.org/10.5590/JERAP.2021.11.1.08

Dunleavy, M., Dede, C., & Mitchell, R. (2018). Affordances and limitations of immersive technologies for education. Educational Researcher, 47(8), 407-422. https://doi.org/10.3102/0034654318794338

Gusteti, M., et al. (2023). Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Analisis Berdasarkan Studi Literatur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), pp 2735 - 2747. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5963

Hegarty, M., & Waller, D. (2021). Learning and reasoning about spatial information. The Cambridge Handbook of Cognitive Science, pp 607-630.

Liu, M., & Zhang, L. (2021). Augmented reality in education: A meta-analysis of applications in STEM. Educational Technology Research and Development, 69(4), 973–989. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09924-1

López, L., González, M., & Sánchez, M. (2018). The effect of augmented reality on learning geometry. Journal of Educational Computing Research, 56(7), 1062-1079. https://doi.org/10.1177/0735633118775241

Miller, G., Shapiro, R., & Stevenson, B. (2020). Spatial reasoning and its role in mathematics education. Mathematics Education Review, 29(3), 209-215.

O'Reilly, J., Conner, A., & Leary, M. (2021). Cognitive science and the development of spatial thinking. Cognitive Science Review, 49(1), 34-49.

OECD. (2022). PISA 2022 Result: Mathematics Performance. Paris: OECD Publishing.

Subhi, M., Mudrikah, A., Hakim, L. (2023). Peningkatan kemampuan Penalaran Spasial Siswa Melalui Implementasi Media Pembelajaran Geometri With Augmented Reality (GO-AR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), pp 169-180. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.169-180

Wang, M., Wu, M., & Tang, S. (2019). A comparative study on augmented reality and traditional learning approaches in geometry education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(2), 75-92. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0176-x

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Nurwijaya, S., & Sukaria, M. I. (2025). AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI: DAMPAK PADA SPASIAL REASONING SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 471–481. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5953