PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6464
Keywords:
Barisan dan Deret, E-Modul, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Banyak siswa merasa sulit untuk menyelesaikan masalah matematika, karena belajar yang mereka terima cenderung bersifat satu arah serta kurang melibatkan partisipasi aktif. Tujuan penelitian ini ialah pengembangan e-modul untuk mempermudah siswa dalam memahami materi barisan dan deret serta terampil dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi oleh dua orang ahli materi berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 95%, demikian pula dengan validasi ahli media yang mencapai angka yang sama. Dari sisi kepraktisan, respon guru dan siswa memberikan hasil positif, masing-masing 85% dan 85,92% yang menunjukkan bahwa e-modul ini sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Sementara itu, analisis data menggunakan N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan skor sebesar 0,87 yang tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, e-modul ini terbukti layak, mudah diterapkan, serta membantu siswa meningkatkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika.
Downloads
References
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher-Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.2.465-473
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2, 101–112.
Fauziah, E., & Kuntoro, T. (2022). Modifikasi Intelegensi dan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 01, 49–63.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V13I2.871
Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V9I1.600
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 157–166. https://doi.org/10.26740/JPAP.V10N2.P157-166
Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/JPMS.V7I1.1942
Khoerunnisa, D., Amiroh, A. I., Nurshalihah, N. D., & Putri, F. M. (2021). Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Era New Normal. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2021), 169–181. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i2.23248
Lubis, R. N. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self- Confidance Matematis Siswa.
Maisarah, C., Ikhsan, M., & Umam, D. K. (2021). Persepsi Siswa dengan Latar Belakang Pendidikan Tahfidzul Quran terhadap Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 222–230. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-matematika/article/view/18745
Martin, Syamsuri, Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat, 8(2).
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 164–167. https://doi.org/10.61650/JPTK.V1I3.367
Novitasari, D., MS, A. T., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16. https://doi.org/10.25134/JES-MAT.V7I1.3916
Nurhandayani, E. F., Mulyono, D., & Yanto, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Materi Barisan dan Deret dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 126–137. https://doi.org/10.31539/JUDIKA.V5I2.4588
Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan dan Deret untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104–117. https://doi.org/10.26618/SIGMA.V14I2.9320
Permana, I., Zulhijatiningsih, & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Putri, C. A. (2023). Modul Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Transisi Kurikulum Medeka. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.18860/IJPGMI.V2I2.2977
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187. https://doi.org/10.30821/AXIOM.V9I2.8069
Sabitna, D. (2023). Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Alternatif Solusinya. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i2.10
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/PSNISTEK.V5I.8067
Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236.
Sumarni, Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Non Rutin Mahasiswa pada Topik Segiempat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 563. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4594
Zulkan, Wulandari, S., & Zulirfan. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Canva dan Flip PDF Profesional. Educatio, 18(1), 50–60. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18715
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggar Titis Prayitno, Azin Taufik, Adinda Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.