EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID SUNAN MURIA KUDUS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6634

Authors

  • Rizky Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Putri Nur Malasari Universitas Islam Negeri Sunan Kudus

Keywords:

Etnomatematika, Masjid Sunan Muria

Abstract

Pandangan terhadap matematika yang bersifat abstrak, membuat sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajarai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep matematika pada desain Masjid Sunan Muria Kudus. Penelitian ini berada di Masjid Sunan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mengusung pendekatan etnografi. Data diperoleh melalui proses observasi, proses dokumentasi dan proses wawancara kepada Bapak Muhdi salah satu pengurus masjid dan Ibu Rina dari pamong budaya disbudpar Kudus. Peneliti menjadi instrument utama dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa Masjid Sunan Muria menggabungkan konsep bangun datar, bangun ruang dan kesebangunan. Konsep bangun datar yang ditemukan berupa persegi, persegi panjang, setengah lingkaran, lingkaran dan belah ketupat, serta bangun ruang seperti setengah bola, bola, balok dan tabung. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika secara realisitik dan melestarikan budaya melalui pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, H., Mukhlis, I., & Zagladi, A. N. (2023). Multi-method Approach for Qualitative Research: Literature Review with NVivo 12 PRo Mapping. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80748 DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80748

Apriyanti, D. N., & Nur Malasari, P. (2023). Etnomatematika Aplikasi Bentuk Bangun Ruang Matematika pada Masjid Astana Sultan Hadlirin. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 2(2), 99–111. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v2i2.5954 DOI: https://doi.org/10.35905/jmlipare.v2i2.5954

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February 1985), 44-48 (in 'Classics').

Feddersen, N. B. (2025). Making mistakes in ethnography. Ethnography, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1177/14661381251319166 DOI: https://doi.org/10.1177/14661381251319166

Fuadiah, N. F. (2016). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), 87.

Janega Kencana Putri, Neza Agusdianita, B. O. (2022). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Hasil Belajar Siswa : Tinjauan Literatur Sistematis. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 16(1), 1–23.

Salsabila, S. A., & Soebagyo, J. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada masjid Cut Meutia. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 293–307. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2275 DOI: https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2275

Saviraningrum, W., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 748–763. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.281 DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.281

Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 175–184. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751

Waruwu, M. (2022). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tabusai, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333 DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Wasilah Wasilah, Iltavia Iltavia, & Meli Amelia. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Di Kelas Xi Mipa Sman 1 Kecamatan Kapur Ix. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 177–189. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.130 DOI: https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.130

Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 462–472.

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Aulia, R., & Malasari, P. N. (2025). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID SUNAN MURIA KUDUS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 958–971. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6634