ANALISIS BUTIR SOAL TES LITERASI NUMERASI DOMAIN GEOMETRI SISWA SMP MENGGUNAKAN RASCH MODEL BERBANTUAN MINISTEP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6785

Authors

  • Erene Nazharita Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rifqi Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

Keywords:

Instrumen Tes, Literasi Numerasi, Geometri, Model Rasch, Ministep

Abstract

Ketersediaan instrumen tes literasi numerasi yang berkualitas, khususnya pada domain geometri untuk siswa SMP, masih terbatas. Kondisi ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Fokus utama penelitian adalah menggambarkan mutu instrumen tes literasi numerasi pada materi geometri yang dirancang untuk siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan analisis mengacu pada pemodelan Rasch. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah penyusunan butir soal berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas IX. Tahap terakhir adalah menganalisis kualitas butir soal tes menggunakan model Rasch dengan bantuan perangkat lunak Ministep. Instrumen yang disusun terdiri dari enam soal uraian. Data penelitian diperoleh dari 36 siswa kelas IX yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa 5 dari 6 butir soal dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,25 termasuk kategori lemah. Tingkat kesukaran butir soal bervariasi, terdiri dari 1 butir sangat mudah, 2 butir mudah, 2 butir sukar, dan 1 butir sangat sukar. Secara umum, instrumen telah memenuhi sebagian besar kriteria Model Rasch, namun masih memerlukan revisi pada butir soal yang tidak valid dan penyesuaian tingkat kesukaran untuk meningkatkan kualitas instrumen. Sehingga, dapat digunakan secara efektif dalam evaluasi kemampuan literasi numerasi dengan domain geometri siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, N., Setiani, Y., & Hadi FS, C. A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 850–857. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18 DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18

Dewi, S., & Defitriani, E. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Etnomatematika untuk Siswa SMP Negeri 2 Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1284. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5231 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5231

Ernanda, M. R. D., Rizqiah, S., Binta, S. A., Oktarisa, Y., & Sukma Suryana, T. G. (2024). Pengembangan instrumen tes diagnostik tingkat konsep pada materi dinamika. Jurnal Nebula, 1(2), 28-30. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nebula/

Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Classroom Action Research, 8(1). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596 DOI: https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Muliyani, T., & Huriaty, D. (2016). Pengukuran Pada Jenjang Smp. 2(2), 91–98. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i2.33

Nurfitriandini, S., Zulkarnaen Ilham, M., Sahara, F., Aryani, L., Oktarisa, Y., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2024). 8 Nebula 1(1) (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TINGKAT KONSEPSI PADA MATERI KINEMATIKA. 1(1), 18–23. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nebula/

Nur Hikmah, A. A., Budiman, I., & Kartika, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Persamaan Linier Satu Variabel. Didactical Mathematics, 6(2), 314–322. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10672 DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10672

Rahmawati, S., & Rahayu, P. (2024). VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS KELAS 8 SMP. 9(1), 1255–1261.

Ramadhan, A. F., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Satuan Pendidikan (Usp) Materi C2 Teknik Pemesinan Kelas Xii Di Smk Pgri 1 Lamongan Melalui Model Rasch. Jptm, 12(03), 1–10.

Sumintono, B., & Widhiarso, B. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata

Tenriawaru, A., & Sumarni. (2018). Pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri di kelas viii smp negeri sungguminasa kabupaten gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Equals, 1(2), 1–9. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v3i1.126

Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67

Wulandari, O., Muhtarom, M., & Sumarno, S. (2025). Analisis butir soal pengetahuan matematika kelas V sekolah dasar menggunakan model Rasch. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan, 7(1), 1-10. https://journalversa.com/s/index.php/jppp

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Nazharita, E., Hidayat, R., & Rahmatudin, J. (2025). ANALISIS BUTIR SOAL TES LITERASI NUMERASI DOMAIN GEOMETRI SISWA SMP MENGGUNAKAN RASCH MODEL BERBANTUAN MINISTEP . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 989–1000. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6785