ANALISIS BUTIR SOAL TES LITERASI NUMERASI DOMAIN GEOMETRI SISWA SMP MENGGUNAKAN RASCH MODEL BERBANTUAN MINISTEP
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6785
Keywords:
Instrumen Tes, Literasi Numerasi, Geometri, Model Rasch, MinistepAbstract
Ketersediaan instrumen tes literasi numerasi yang berkualitas, khususnya pada domain geometri untuk siswa SMP, masih terbatas. Kondisi ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Fokus utama penelitian adalah menggambarkan mutu instrumen tes literasi numerasi pada materi geometri yang dirancang untuk siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan analisis mengacu pada pemodelan Rasch. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah penyusunan butir soal berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas IX. Tahap terakhir adalah menganalisis kualitas butir soal tes menggunakan model Rasch dengan bantuan perangkat lunak Ministep. Instrumen yang disusun terdiri dari enam soal uraian. Data penelitian diperoleh dari 36 siswa kelas IX yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa 5 dari 6 butir soal dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,25 termasuk kategori lemah. Tingkat kesukaran butir soal bervariasi, terdiri dari 1 butir sangat mudah, 2 butir mudah, 2 butir sukar, dan 1 butir sangat sukar. Secara umum, instrumen telah memenuhi sebagian besar kriteria Model Rasch, namun masih memerlukan revisi pada butir soal yang tidak valid dan penyesuaian tingkat kesukaran untuk meningkatkan kualitas instrumen. Sehingga, dapat digunakan secara efektif dalam evaluasi kemampuan literasi numerasi dengan domain geometri siswa SMP.
Downloads
References
Aprilia, N., Setiani, Y., & Hadi FS, C. A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 850–857. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824
Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18 DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18
Dewi, S., & Defitriani, E. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Etnomatematika untuk Siswa SMP Negeri 2 Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1284. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5231 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5231
Ernanda, M. R. D., Rizqiah, S., Binta, S. A., Oktarisa, Y., & Sukma Suryana, T. G. (2024). Pengembangan instrumen tes diagnostik tingkat konsep pada materi dinamika. Jurnal Nebula, 1(2), 28-30. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nebula/
Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Classroom Action Research, 8(1). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________
Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596 DOI: https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Muliyani, T., & Huriaty, D. (2016). Pengukuran Pada Jenjang Smp. 2(2), 91–98. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i2.33
Nurfitriandini, S., Zulkarnaen Ilham, M., Sahara, F., Aryani, L., Oktarisa, Y., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2024). 8 Nebula 1(1) (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TINGKAT KONSEPSI PADA MATERI KINEMATIKA. 1(1), 18–23. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nebula/
Nur Hikmah, A. A., Budiman, I., & Kartika, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Persamaan Linier Satu Variabel. Didactical Mathematics, 6(2), 314–322. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10672 DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10672
Rahmawati, S., & Rahayu, P. (2024). VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS KELAS 8 SMP. 9(1), 1255–1261.
Ramadhan, A. F., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Satuan Pendidikan (Usp) Materi C2 Teknik Pemesinan Kelas Xii Di Smk Pgri 1 Lamongan Melalui Model Rasch. Jptm, 12(03), 1–10.
Sumintono, B., & Widhiarso, B. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata
Tenriawaru, A., & Sumarni. (2018). Pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri di kelas viii smp negeri sungguminasa kabupaten gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Equals, 1(2), 1–9. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v3i1.126
Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67
Wulandari, O., Muhtarom, M., & Sumarno, S. (2025). Analisis butir soal pengetahuan matematika kelas V sekolah dasar menggunakan model Rasch. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan, 7(1), 1-10. https://journalversa.com/s/index.php/jppp
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erene Nazharita, Rifqi Hidayat, Jajang Rahmatudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.