PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6802
Keywords:
PBL, Canva, Kemampuan Berpikir Kreatif, MatematikaAbstract
Keefektifan penerapan model PBL dipadukan dengan media interaktif canva berbasis web dengan fokus pada meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tingkat menengah pertama. Quasi experiment menjadi metode penelitian. Desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah Kelas VIII siswa SMP Negeri 2 Sumber pada tahun ajaran 2024/2025 adalah populasi penelitian, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas kontrol VIII D (33 siswa) dan kelas eksperimen VIII G (34 siswa). Tes uraian menjadi instrument tes yang dirancang untuk mengukur ketetampilan berpikir kreatif matematis mencakup orisinalitas, kelancaran, elaborasi dan keluwesan. Sebagai dasar pengujian dilakukan uji normalitas dan homogenitas dalam menganalisis data dan uji t independent dapat dilakukan. Hasil penelitian adalah kedua kelompok penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis meningkat, yaitu rata-rata N-gain lebih besar untuk kelas eksperimen. Di simpulkan bahwa menerapkan Model PBL dipadukan dengan canva berbasis website secara efektif untuk peningkatan kemampuan berpikir kreatif, siswa terlibat di pembelajaran matematika, dan minat siswa.
Downloads
References
Andriani, D., Prasetyo, KH, & Astutiningtyas, EL (2021). Respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran matematika. Absis: Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (1), 24. DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830
Anwar, M., & Jurotun. (2019). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 45-56. DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4390
Butar, B., & Gultom, S. (2023). ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning’. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 112-125.
Darwanto, D. (2019).’Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:(Pengertian dan Indikatornya)’. Eksponen, 9(2), 20-26.. DOI: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Fatmah, F, & Nugraheni. N. (2022). ‘Kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS di SMPIT Raflesia’. Jurnal pendidikan Matematika, 12(4), 78-79
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Irawan, B., Zanda, N., & Safira, N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 9(6), 1-10.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar’. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117-132. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Nasution, N., Adriana, K., Surbakti, M. A., Syafitri, E., & Imannur, I. (2024). ‘Implementasi Model Problem Based Learning dengan Media Canva dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Materi Statistika’. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 964-974. DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1931
Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui mood-understand-recall-digest-expand-review dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1262
Sirajuddin, N. T., & Wahditiya, A. A. (2024). ‘Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Guru SMP 4 Bantimurung Kabupaten Maros’. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 44-54. DOI: https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.699
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Sugiyono, (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023, October). ‘Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman’. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 732-742).
Triningsih, R. (2021). Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran interaktif di era digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 112–120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.