PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6802

Authors

  • Fitri Anggraeni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Putik Rustika Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Arwanto Universitas Muhammadiyah Cirebon

Keywords:

PBL, Canva, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika

Abstract

Keefektifan penerapan model PBL dipadukan dengan media interaktif canva berbasis web dengan fokus pada  meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tingkat menengah pertama. Quasi experiment menjadi metode penelitian. Desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah Kelas VIII siswa SMP Negeri 2 Sumber pada tahun ajaran 2024/2025 adalah populasi penelitian, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas kontrol VIII D (33 siswa) dan kelas eksperimen VIII G (34 siswa). Tes uraian menjadi instrument tes yang dirancang untuk mengukur ketetampilan berpikir kreatif matematis mencakup orisinalitas, kelancaran, elaborasi dan keluwesan. Sebagai dasar pengujian dilakukan uji normalitas dan homogenitas  dalam menganalisis data dan  uji t independent dapat dilakukan. Hasil penelitian adalah kedua kelompok penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis meningkat, yaitu rata-rata N-gain lebih besar untuk kelas eksperimen. Di simpulkan bahwa menerapkan Model PBL dipadukan dengan canva berbasis website secara efektif untuk peningkatan kemampuan berpikir kreatif, siswa terlibat  di pembelajaran matematika, dan minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., Prasetyo, KH, & Astutiningtyas, EL (2021). Respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran matematika. Absis: Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (1), 24. DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830

Anwar, M., & Jurotun. (2019). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 45-56. DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4390

Butar, B., & Gultom, S. (2023). ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning’. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 112-125.

Darwanto, D. (2019).’Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:(Pengertian dan Indikatornya)’. Eksponen, 9(2), 20-26.. DOI: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Fatmah, F, & Nugraheni. N. (2022). ‘Kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS di SMPIT Raflesia’. Jurnal pendidikan Matematika, 12(4), 78-79

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Irawan, B., Zanda, N., & Safira, N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 9(6), 1-10.

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar’. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117-132. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609

Nasution, N., Adriana, K., Surbakti, M. A., Syafitri, E., & Imannur, I. (2024). ‘Implementasi Model Problem Based Learning dengan Media Canva dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Materi Statistika’. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 964-974. DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1931

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui mood-understand-recall-digest-expand-review dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1262

Sirajuddin, N. T., & Wahditiya, A. A. (2024). ‘Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Guru SMP 4 Bantimurung Kabupaten Maros’. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 44-54. DOI: https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.699

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338

Sugiyono, (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023, October). ‘Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman’. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 732-742).

Triningsih, R. (2021). Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran interaktif di era digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 112–120.

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Anggraeni, F., Rustika, P., & Arwanto, A. (2025). PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1072–2082. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6802