- ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG BIDANG DATAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN ERROR ANALYSIS DI MAN 1 MEDAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6824

Authors

  • Anisa Rahmadani Siregar Universitas Negeri Medan
  • Tiara Rahmadani Universitas Negeri Medan
  • Dimas Rumahorbo Universitas Negeri Medan
  • Nashwa Rahmadhani Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Kms. Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kesalahan, Geometri, Newman Error Analysis

Abstract

Studi berfokus ke penelusuran kesalahan yang dilaksanakan siswa ketika menyelesaikan soal geometri, khususnya materi bangun ruang sisi datar di jenjang XI di MAN 1 Medan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali data melalui pemberian soal uraian kepada siswa. Setelah jawaban dikumpulkan, dilakukan analisis mendalam terhadap beberapa hasil pekerjaan siswa yang dipilih sebagai sampel. Sebanyak 20 siswa kelas XI menjadi partisipan dalam penelitian ini. Melalui pendekatan ini, diharapkan terungkap pola kesalahan yang umum terjadi serta menjadi bahan refleksi untuk memperbaiki strategi pembelajaran ke depan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penyelesaian masalah, siswa mengalami kesalahan yang berkaitan dengan geometri baik bangun ruang maupun bidang datar pada tahap reading dengan persentase 10%, tahap comprehension sebesar 19%, tahap transformation sebesar 22%, tahap process skill sebesar 37%, dan tahap encoding dengan persentase mencapai 22%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, N., Ubaidillah, A., & Sulhan, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 56–65. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Andriliani, L., Amaliyah, A., Prikustini, V. P., & Daffah, V. (2022). Analisis pembelajaran matematika pada materi geometri. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169-1178. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Herliyani, N., & Nurjanah, N. (2024). Analisis Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Musamus Journal of Mathematics Education, 6(2), 58-67. DOI: https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1697

Khofifah, P., Tumalun, N., & Wenas, R. J. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Newman. De'Journal, 2(1), 45–55. DOI: https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2225

Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Journal on Education, 2(2), 225–232.

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V madrasah ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208-216. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265

Maharani, A. F., & Prihatnani, E. (2019). Newman’s Error Analysis dalam Geometri Ruang. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–103. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.127

Manik, R. S., Rumapea, A. S., Silitonga, A., & Fauzi, K. M. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 18779–18785.

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25. DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189

Miranda, P., Sumartono, S., & Prastiwi, L. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Teori Newman Dintinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Syntax Imperatif, 5(2), 336–347.

Nugroho Putri, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nurfadillah, S., Herman, T., & Wahyudin. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 112–123.

Nofita, E. S. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v5i4.15692

Pratiwi, R., & Anita, I. W. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1637-1646. DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3379

Sulistiowati, D. L. (2022). Faktor penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah geometri materi bangun datar. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(05), 941-951.

Roisah, K., Sari, D. I., & Affaf, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Menggunakan Metode Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3072

Rosyidah, A. S., Hidayanto, E., & Muksar, M. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 268-283. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8819

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Siregar, A. R., Tiara Rahmadani, Dimas Rumahorbo, Nashwa Rahmadhani Simatupang, & Kms. Muhammad Amin Fauzi. (2025). - ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG BIDANG DATAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN ERROR ANALYSIS DI MAN 1 MEDAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1083–1094. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6824