- ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG BIDANG DATAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN ERROR ANALYSIS DI MAN 1 MEDAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6824
Keywords:
Kesalahan, Geometri, Newman Error AnalysisAbstract
Studi berfokus ke penelusuran kesalahan yang dilaksanakan siswa ketika menyelesaikan soal geometri, khususnya materi bangun ruang sisi datar di jenjang XI di MAN 1 Medan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali data melalui pemberian soal uraian kepada siswa. Setelah jawaban dikumpulkan, dilakukan analisis mendalam terhadap beberapa hasil pekerjaan siswa yang dipilih sebagai sampel. Sebanyak 20 siswa kelas XI menjadi partisipan dalam penelitian ini. Melalui pendekatan ini, diharapkan terungkap pola kesalahan yang umum terjadi serta menjadi bahan refleksi untuk memperbaiki strategi pembelajaran ke depan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penyelesaian masalah, siswa mengalami kesalahan yang berkaitan dengan geometri baik bangun ruang maupun bidang datar pada tahap reading dengan persentase 10%, tahap comprehension sebesar 19%, tahap transformation sebesar 22%, tahap process skill sebesar 37%, dan tahap encoding dengan persentase mencapai 22%.
Downloads
References
Afif, N., Ubaidillah, A., & Sulhan, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 56–65. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505
Andriliani, L., Amaliyah, A., Prikustini, V. P., & Daffah, V. (2022). Analisis pembelajaran matematika pada materi geometri. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169-1178. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Herliyani, N., & Nurjanah, N. (2024). Analisis Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Musamus Journal of Mathematics Education, 6(2), 58-67. DOI: https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1697
Khofifah, P., Tumalun, N., & Wenas, R. J. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Newman. De'Journal, 2(1), 45–55. DOI: https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2225
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Journal on Education, 2(2), 225–232.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V madrasah ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208-216. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265
Maharani, A. F., & Prihatnani, E. (2019). Newman’s Error Analysis dalam Geometri Ruang. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–103. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.127
Manik, R. S., Rumapea, A. S., Silitonga, A., & Fauzi, K. M. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 18779–18785.
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25. DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Miranda, P., Sumartono, S., & Prastiwi, L. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Teori Newman Dintinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Syntax Imperatif, 5(2), 336–347.
Nugroho Putri, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Nurfadillah, S., Herman, T., & Wahyudin. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 112–123.
Nofita, E. S. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v5i4.15692
Pratiwi, R., & Anita, I. W. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1637-1646. DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3379
Sulistiowati, D. L. (2022). Faktor penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah geometri materi bangun datar. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(05), 941-951.
Roisah, K., Sari, D. I., & Affaf, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Menggunakan Metode Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3072
Rosyidah, A. S., Hidayanto, E., & Muksar, M. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 268-283. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8819
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.