PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6863
Keywords:
Pengembangan bahan ajar, konsep matematis, STEM, ADDIEAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis STEM pada pokok bahasan pola bilangan. Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan Modul pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan (2) untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan dari modul pembelajaran berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru matematika SMP Negeri 1 Kandanghaur dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon guru. Berdasarkan uji coba, diperoleh bahwa (1) hasil validasi materi modul adalah 3,24 berada pada kategori valid dengan interval 2.51 ≤ M < 3,25 , (2) hasil validasi ahli media adalah 2,84. dalam inteval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori valid (3) hasil respon guru adalah 78,8% berada pada kategori positif dengan interval 60%≤ ???????? < 80% dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis (4) hasil pretest dan posttest menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pretest 15,8 menjadi rata-rata nilai posttest 26,8 dengan demikian modul mendukung pengembangan pemahaman konseptual (5) hasil respon siswa menunjukan nilai rata-rata 3,07 terkletak pada interval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori Baik.
Downloads
References
Abdi, J. (2020). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (p. 29). Hipper 4.0 Banda Aceh.
Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Bligh, A. (2015) Towards a 10-year plan for science, technology, engineering and mathematics (STEM) education and skills in Queensland. Queensland: Department of Education, Training and the Arts
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6 DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: GAVA MEDIA.. Gottschalk, L. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
M. Syukri, S. Soewarno, L. Halim, dan L.E. Mohtar, The Impact Of Engineering Design Process In Teaching and Learning To Enhance Students’ Science Problem-Solving Skills, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (1) (2018), h. 68-69. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297
Mawardi, dkk, Pembelajaran Mikro, (Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute dan Instructional Development Center (IDC) LPTK, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 2013).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ratri Sekar Pertiwi, Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis, (Universitas Lampung: Tesis, 2017), h. 52.
Setiawan B, dkk. “The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students”. Journal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 6 No.1 (2017), h. 49. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2017),
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode penelitian Pendidikan, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016).
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syarifah Rahmiza M, Adlim, Mursal,“Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong Pada Materi Induksi Elektromagnetik”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), Vol. 3 No.1 (2015), h. 239.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.