PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6863

Authors

  • Akmal Fahrizal Falakh Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Sumliyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Titi Rohaeti Universitas Muhammadiyah Cirebon

Keywords:

Pengembangan bahan ajar, konsep matematis, STEM, ADDIE

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis STEM pada pokok bahasan pola bilangan. Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan Modul pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan (2) untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan dari modul pembelajaran berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation,  dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru matematika SMP Negeri 1 Kandanghaur dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon guru. Berdasarkan uji coba, diperoleh bahwa (1) hasil validasi materi modul adalah 3,24 berada pada kategori valid dengan interval 2.51 ≤ M < 3,25 , (2) hasil validasi ahli media adalah 2,84. dalam inteval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori valid (3) hasil respon guru adalah 78,8% berada pada kategori positif dengan interval 60%≤ ???????? < 80% dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis (4) hasil pretest dan posttest menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pretest 15,8 menjadi rata-rata nilai posttest 26,8 dengan demikian modul mendukung pengembangan pemahaman konseptual (5) hasil respon siswa menunjukan nilai rata-rata 3,07 terkletak pada interval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, J. (2020). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (p. 29). Hipper 4.0 Banda Aceh.

Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Bligh, A. (2015) Towards a 10-year plan for science, technology, engineering and mathematics (STEM) education and skills in Queensland. Queensland: Department of Education, Training and the Arts

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6 DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: GAVA MEDIA.. Gottschalk, L. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

M. Syukri, S. Soewarno, L. Halim, dan L.E. Mohtar, The Impact Of Engineering Design Process In Teaching and Learning To Enhance Students’ Science Problem-Solving Skills, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (1) (2018), h. 68-69. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297

Mawardi, dkk, Pembelajaran Mikro, (Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute dan Instructional Development Center (IDC) LPTK, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 2013).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Ratri Sekar Pertiwi, Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis, (Universitas Lampung: Tesis, 2017), h. 52.

Setiawan B, dkk. “The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students”. Journal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 6 No.1 (2017), h. 49. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2017),

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode penelitian Pendidikan, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016).

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syarifah Rahmiza M, Adlim, Mursal,“Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong Pada Materi Induksi Elektromagnetik”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), Vol. 3 No.1 (2015), h. 239.

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Fahrizal Falakh, A., Sumliyah, S., & Rohaeti, T. (2025). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1095–1108. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6863