ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6888

Authors

  • Syafaaqila Qulil Jannah Universitas Muria Kudus
  • Sumaji Universitas Muria Kudus
  • Himmatul Ulya Universitas Muria Kudus

Keywords:

Gaya belajar, kesalahan siswa, masalah kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan gaya belajar visual, Aural/Auditori, read-write, konestetik dalam menyelesaikan soal kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP N 2 Dawe. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-F, subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang akan dipilih sesuai dengan gaya belajar yaitu berdasarkan siswa yang mampu menuliskan jawaban, siswa yang dapat berkomunikasi dengan lancar dan kesalahan yang dialami oleh siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual kerap sekali dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa dengan gaya belajar visual cenderung mengalami kesalahan membaca petunjuk dan tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara lengkap; siswa gaya belajar auditori/aural cenderung mengalami kesalahan konsep karena kesulitan memahami soal tanpa penjelasan lisan; siswa gaya belajar read-write lebih banyak melakukan kesalahan penerapan konsep karena membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami soal; dan siswa gaya belajar kinestetik cenderung menyelesaikan soal secara praktis dengan logika sendiri tanpa menuliskan langkah-langkah yang runtut, sehingga membuat kesalahan konsep dan kesalahan dalam mengerjakan tes. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar sangat berpengaruh terhadap kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Oleh karena itu, pendidik perlu menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa supaya pemahaman konsep matematika lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basriannor, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Soal Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika SMA/MA. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(3), 23–32. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta DOI: https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1886

Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar siswa di SMPN 7 Mataram. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Prihatini, D., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. In Maret (Vol. 7, Issue 1). https://www.neliti.com/publications/503940/analisis-kesalahan-siswa-smp-kelas-ix-dalam-menyelesaikan-soal-pada-materi-pokok DOI: https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687

Siti wahyuni, R., Mulyanti, Y., & Andri Nurcahyono, N. (2023). Analisis Faktor Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal Limit Fungsi Aljabar Di Kelas XI MA Yaspi At-tahsiniyyah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 7(1), 10–18. https://doi.org/10.37150/jp.v7i1.2132 DOI: https://doi.org/10.37150/jp.v7i1.2132

Utari, N. P. R., Wibawa, K. A., & Wena, I. M. (2024). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Soal Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355

Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Qulil Jannah, S., Sumaji, S., & Himmatul Ulya, H. U. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1120–1131. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6888