ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6888
Keywords:
Gaya belajar, kesalahan siswa, masalah kontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan gaya belajar visual, Aural/Auditori, read-write, konestetik dalam menyelesaikan soal kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP N 2 Dawe. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-F, subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang akan dipilih sesuai dengan gaya belajar yaitu berdasarkan siswa yang mampu menuliskan jawaban, siswa yang dapat berkomunikasi dengan lancar dan kesalahan yang dialami oleh siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual kerap sekali dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa dengan gaya belajar visual cenderung mengalami kesalahan membaca petunjuk dan tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara lengkap; siswa gaya belajar auditori/aural cenderung mengalami kesalahan konsep karena kesulitan memahami soal tanpa penjelasan lisan; siswa gaya belajar read-write lebih banyak melakukan kesalahan penerapan konsep karena membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami soal; dan siswa gaya belajar kinestetik cenderung menyelesaikan soal secara praktis dengan logika sendiri tanpa menuliskan langkah-langkah yang runtut, sehingga membuat kesalahan konsep dan kesalahan dalam mengerjakan tes. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar sangat berpengaruh terhadap kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Oleh karena itu, pendidik perlu menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa supaya pemahaman konsep matematika lebih optimal.
Downloads
References
Basriannor, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Soal Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika SMA/MA. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(3), 23–32. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta DOI: https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1886
Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar siswa di SMPN 7 Mataram. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192
Prihatini, D., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. In Maret (Vol. 7, Issue 1). https://www.neliti.com/publications/503940/analisis-kesalahan-siswa-smp-kelas-ix-dalam-menyelesaikan-soal-pada-materi-pokok DOI: https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687
Siti wahyuni, R., Mulyanti, Y., & Andri Nurcahyono, N. (2023). Analisis Faktor Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal Limit Fungsi Aljabar Di Kelas XI MA Yaspi At-tahsiniyyah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 7(1), 10–18. https://doi.org/10.37150/jp.v7i1.2132 DOI: https://doi.org/10.37150/jp.v7i1.2132
Utari, N. P. R., Wibawa, K. A., & Wena, I. M. (2024). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Soal Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355
Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.