KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6900
Keywords:
kinerja guru, kedisiplinan, motivasi kerjaAbstract
Kinerja seorang guru banyak dipengaruhi berbagai elemen, baik bersifat eksternal maupun internal. Namun, dalam penelitian ini fokus utama diarahkan pada dua variabel utama, yaitu kedisiplinan dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) memberikan gambaran umum mengenai tingkat kedisiplinan, motivasi, dan kinerja guru di UPT SMP Negeri Kota Palopo; (2) menganalisis sejauh mana pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru di satuan pendidikan tersebut; (3) menelaah dampak motivasi kerja terhadap kinerja guru; serta (4) mengevaluasi pengaruh kedisiplinan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru di lingkungan SMP Negeri Kota Palopo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini 66 guru matematika, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kedisiplinan, motivasi kerja, serta kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial sementara uji hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kedisiplinan, motivasi kerja, dan kinerja guru matematika di SMP Negeri Kota Palopo tergolong sangat baik. Secara rinci, temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) tingkat kedisiplinan guru tergolong sangat tinggi, sebagaimana ditunjukkan oleh 84,85% responden, sementara 15,15% lainnya berada pada kategori tinggi; (2) sebesar 71,21% motivasi kerja guru tergolong sangat tinggi. dan sisanya sebesar 28,79% tergolong tinggi; serta (3) kinerja guru matematika menunjukkan hasil yang positif, di mana 68,18% kinerja guru tergolong sangat tinggi, 30,30% tergolong tinggi, dan hanya 1,52% tergolong sedang. Temuan dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kedisiplinan dan motivasi kerja masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Lebih lanjut, analisis secara simultan menunjukkan bahwa kombinasi antara kedisiplinan dan motivasi kerja mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara kedisiplinan yang tinggi dan motivasi kerja yang kuat memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan profesionalisme dan efektivitas kerja guru di lingkungan UPT SMP Negeri Kota Palopo.
Downloads
References
Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MTSN di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah, 4(1), 111-118. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164
Alfiandrizal, A., Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386-14397.
Bunyamin, H. S., & Faujiah, D. (2014). Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Di Sdn Rajagaluh Kidul Kec. Rajagaluh Kab. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.349
Haratua, C. S., Hanief, M., Toha, A. N., Mauludin, L. M. N., & Ikhsan, M. (2024). Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 195-205. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1478
Irawanty, W. S., & Mulyanto, H. (2024). Pengaruh Kepemimpimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Mediasi Motivasi Intrinsik. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(03), 75-81. DOI: https://doi.org/10.59422/global.v2i03.395
Jamaluddin, J., Istofa, D. N., & Suremi, B. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MA Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 91-100. DOI: https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.91-100
Masfufah, N. F., & Rindaningsih, I. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: Literatur Riview. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). DOI: https://doi.org/10.30651/else.v8i1.17168
Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105-128. DOI: https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70
Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43-56. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh motivasi kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15-22. DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.
Salsabila, A. F., Al Mubarokah, A. A., & Fatikha, B. N. R. (2024) Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91555
Sari, R. N., & Dwiarti, R. M. (2021). Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siahaan, Y. E., & Prasetia, I. (2023). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(1), 08-15. DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i1.12403
Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Available at SSRN 3864629. DOI: https://doi.org/10.2139/ssrn.3864629
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Sutrisno, T. (2021). Pengaruh Lima Faktor Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai Di MI Darussalam Sidoarjo (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wajdi, F., & Perkasa, D. H. (2022). Pengaruh Gaji Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SDIT Al-Muddatsiriyah. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(4), 3950-3963.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.