KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6900

Authors

  • Patobun Patobun Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Taufiq Taufiq Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

kinerja guru, kedisiplinan, motivasi kerja

Abstract

Kinerja seorang guru banyak dipengaruhi berbagai elemen, baik bersifat eksternal maupun internal. Namun, dalam penelitian ini fokus utama diarahkan pada dua variabel utama, yaitu kedisiplinan dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) memberikan gambaran umum mengenai tingkat kedisiplinan, motivasi, dan kinerja guru di UPT SMP Negeri Kota Palopo; (2) menganalisis sejauh mana pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru di satuan pendidikan tersebut; (3) menelaah dampak motivasi kerja terhadap kinerja guru; serta (4) mengevaluasi pengaruh kedisiplinan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru di lingkungan SMP Negeri Kota Palopo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini 66 guru matematika, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kedisiplinan, motivasi kerja, serta kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial sementara uji hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kedisiplinan, motivasi kerja, dan kinerja guru matematika di SMP Negeri Kota Palopo tergolong sangat baik. Secara rinci, temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) tingkat kedisiplinan guru tergolong sangat tinggi, sebagaimana ditunjukkan oleh 84,85% responden, sementara 15,15% lainnya berada pada kategori tinggi; (2) sebesar 71,21% motivasi kerja guru tergolong sangat tinggi. dan sisanya sebesar 28,79% tergolong tinggi; serta (3) kinerja guru matematika menunjukkan hasil yang positif, di mana 68,18% kinerja guru tergolong sangat tinggi, 30,30% tergolong tinggi, dan hanya 1,52% tergolong sedang. Temuan dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kedisiplinan dan motivasi kerja masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Lebih lanjut, analisis secara simultan menunjukkan bahwa kombinasi antara kedisiplinan dan motivasi kerja mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara kedisiplinan yang tinggi dan motivasi kerja yang kuat memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan profesionalisme dan efektivitas kerja guru di lingkungan UPT SMP Negeri Kota Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MTSN di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah, 4(1), 111-118. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164

Alfiandrizal, A., Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14386-14397.

Bunyamin, H. S., & Faujiah, D. (2014). Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Di Sdn Rajagaluh Kidul Kec. Rajagaluh Kab. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.349

Haratua, C. S., Hanief, M., Toha, A. N., Mauludin, L. M. N., & Ikhsan, M. (2024). Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 195-205. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1478

Irawanty, W. S., & Mulyanto, H. (2024). Pengaruh Kepemimpimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Mediasi Motivasi Intrinsik. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(03), 75-81. DOI: https://doi.org/10.59422/global.v2i03.395

Jamaluddin, J., Istofa, D. N., & Suremi, B. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MA Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 91-100. DOI: https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.91-100

Masfufah, N. F., & Rindaningsih, I. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: Literatur Riview. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). DOI: https://doi.org/10.30651/else.v8i1.17168

Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105-128. DOI: https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43-56. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh motivasi kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15-22. DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.

Salsabila, A. F., Al Mubarokah, A. A., & Fatikha, B. N. R. (2024) Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91555

Sari, R. N., & Dwiarti, R. M. (2021). Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siahaan, Y. E., & Prasetia, I. (2023). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(1), 08-15. DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i1.12403

Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Available at SSRN 3864629. DOI: https://doi.org/10.2139/ssrn.3864629

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Sutrisno, T. (2021). Pengaruh Lima Faktor Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai Di MI Darussalam Sidoarjo (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wajdi, F., & Perkasa, D. H. (2022). Pengaruh Gaji Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SDIT Al-Muddatsiriyah. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(4), 3950-3963.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Patobun, P., Alam, S., Taufiq, T., & Ilyas, M. (2025). KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 873–893. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6900

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>