EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6907
Keywords:
Kemampuan Literasi dan Numerasi Matematika, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamasi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan satuan eksperimen dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi sebelum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi sebagian besar berada pada level PIK (Perlu Intervensi Khusus), sedangkan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa sesudah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada level Cakap. 2) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi selama diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kriteria sangat baik. 3) Aktivitas belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi selama diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori aktif. 4) Respon siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori sangat baik. 5) Terdapat peningkatan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dan berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lamasi.
Downloads
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Andi Setiawan, M., & Suci Maghfirah, I. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565 DOI: https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565
Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1995–2014.
Asriadi. (2025). MACCA : Science-Edu Journal ( ISSN : 3048-0507 ). https://osf.io/preprints/
Atiyah, K., & Priatna, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 831–844. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1648 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1648
AZ Sarnoto. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(July), 1–23. DOI: https://doi.org/10.26877/edukatika.v2i1.751
Cahyanti, A. (2024). Studi Literatur : Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan kualitas hidup masyarakat suatu bangsa . Sistem pe. 4, 32–42.
Desy Pramita, & Maysarah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Euclid, 11(3), 162–176. https://doi.org/10.33603/e.v11i3.8969 DOI: https://doi.org/10.33603/e.v11i3.8969
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, P. D. & S. (2021). PANDUAN PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH. https://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf
Ekawardhana, N. E. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media video conference. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1(1), 1–7.
Ekawati, S., Basir, F., Karmila, K., Sukmawati, S., & A, F. (2023). Implementasi Pendekatan Problem Posing Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.53696/2964-867x.80 DOI: https://doi.org/10.53696/2964-867X.80
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541 DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 21, 403–409.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Febrianti, S., Rahmat, T., Aniswita, & Fitri, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Kemampuan Tinggi Berdasarkan Gender. Journal Of Social Science Research, 3(4), 10100–10109.
Fitriyana, I., & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 439–453. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Foundation, T. (2023). Manfaat Kebiasaan Refleksi Diri Bagi Pendidik dan Peserta Didik. 1–10.
Hayati, R., Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2023). Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5242. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17107 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17107
Herawati, R., Retnowati, R., & Harijanto, S. (2021). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penguatan Supervisi Akademik Dan Disiplin Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 60–66. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3369 DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3369
Herwina, W. (2021). DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI Wiwin Herwina Email : wiwinherwina@unsil.ac.id Program Studi Pendidikan Masyarakat , Universitas Siliwangi Tasikmalaya. 35(2). DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Ismail, M., Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Basariah, B. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PENDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PRODI PPKn FKIP UNRAM. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1341–1349. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2559 DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2559
Jumrawarsi. (2024). Matematika Di Sekolah Penggerak. 7, 10875–10883.
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8 DOI: https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Mardiana, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk. IJMS : Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science, 1(2), 56–63. https://doi.org/10.61214/ijms.v1i2.131 DOI: https://doi.org/10.61214/ijms.v1i2.131
Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416 DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534 DOI: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162 DOI: https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162
Ningsih, S. D. V., Edy, S., & Latifah, A. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Proses Di SMP Negeri 1 Tulangan. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 456. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7394 DOI: https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7394
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 20. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran Ditinjau Dari Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762–769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962 DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545 DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778
Riandhany, D. N., & Puadi, E. F. W. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 223–234. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.160 DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.160
Rohmah, A. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. 4(4), 214–222. DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.330
Rosita, V. G., Rozaq, R. R., & Hadi, D. (2024). JURNAL MURABBI Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa. 3, 125–138. DOI: https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.48
Rosmalah, R., Sudarto, S., & Hur’ainun, K. (2022). Hubungan antara Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 334. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36522 DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36522
S, Y. R., & Somadi, T. J. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Baca Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 72–82. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5058 DOI: https://doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5058
Samsiyah, S. (2023). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69859 DOI: https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69859
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874 DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227 DOI: https://doi.org/10.47679/ib.2022227
Silitonga, H. R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Medan. Journal of Student Research, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2777 DOI: https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2777
Silvia, R., & Asdarina, O. (2024). Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Operasi Pecahan Dengan Implentasi Model Problem Based Learning (Pbl). EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 62–72. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5516 DOI: https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5516
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/preprints/ DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/8ut59
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite for Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 34. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470 DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470
Tanjung, F. R., & Widodo, S. (2024). Metricfy: Aplikasi Pembelajaran Numerasi berbasis Web. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 242–251. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25757 DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25757
Uhud, K., Listyarini, I., Saputra, B. A., & Alfiyah, S. (2024). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas V SDN Pedurungan Tengah 02. 8, 36334–36340.
Yustinaningrum, B. (2023). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174 DOI: https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174
Zulvyanti, R., & Mas’ula, S. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas 3 Sdn Sawojajar 5. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan …, 4(5). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.