PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DAN FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 RANAH BATAHAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6913
Keywords:
Problem Based Learning, pemecahan masalah matematis, pembelajaran matematika Model Problem Based LearningAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam di SMK negeri 1 Ranah Batahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest pada satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dengan 2 soal yang diberikan sebelum dan sesudah menerapkan Problem Based Learning (PBL). Pengambilan subjek Penelitian menggunakan total sampling di kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Tes yang digunakan berbentuk essay dengan reliabilitasnya adalah 0,89. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji hipotesis dengan berbantuan aplikasi minitab diperoleh P-value = 0,033 lebih kecil dari , maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam di SMK Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.
Downloads
References
Agustina. (2018). Penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aisy Ginting. (2024). Implementasi Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–53. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047
Arends, R. I. (2008). Learning to teach (7th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
August, R., & Ramlah. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 101–110.
Burton, G. (2024). Teori belajar dalam pendidikan matematika. Dalam Kamal (Ed.), Landasan pendidikan matematika (hlm. 45–63). Bandung: Alfabeta.
Cahyani, H., & Setyawati, R. (2016). Pentingnya peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–130.
Daimah, S., & Suparni. (2023). Pendidikan karakter dalam era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 233–240.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 15–26.
Harto, S. (2022). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudoyo, H. (1998). Strategi belajar mengajar matematika. Malang: IKIP Malang.
Lestari, E. (2022). Efektivitas Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(2), 87–95.
NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nova, T. (2021). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan indikator Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25–35. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767
Nur, A. (2022). Kolaborasi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika efektif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 54–62.
Pangkey, A. (2024). Peran matematika dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–9.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Puandi, D. (2017). Pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah Polya. Bandung: Refika Aditama.
Putri, R. (2020). Tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 8(1), 13–21.
Rismen, A., Rahma, F., & Salma, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan, 15(3), 189–197.
Setiawan, B. (2023). Pendidikan sebagai fondasi pembangunan bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
Siagian, M. (2017). Teori pembelajaran matematika menurut Bruner. Medan: Unimed Press.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Siregar, A. (2024). Pendidikan karakter di era global. Jurnal Pendidikan Nasional, 20(1), 33–42.
Son, L. (2023). Pentingnya pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 65–74.
Sumantri, M. (2016). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sutama, I., Dewi, N., & Yulianti, L. (2021). Tahapan Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 123–134.
Suwanjal, H. (2016). Pentingnya matematika dalam pendidikan berkualitas. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2011). Model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Yusri, R. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 88–95.
Zulkarnain, F. (2015). Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–50. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.164
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.