PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DAN FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 RANAH BATAHAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6913

Authors

  • Tri Oktaviani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Hafizah Delyana Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Problem Based Learning, pemecahan masalah matematis, pembelajaran matematika Model Problem Based Learning

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam di SMK negeri 1 Ranah Batahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest pada satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dengan 2 soal yang diberikan sebelum dan sesudah menerapkan Problem Based Learning (PBL). Pengambilan subjek Penelitian menggunakan total sampling di kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Tes yang digunakan berbentuk essay dengan reliabilitasnya adalah 0,89. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji hipotesis dengan berbantuan aplikasi minitab diperoleh P-value = 0,033 lebih kecil dari , maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam di SMK Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina. (2018). Penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aisy Ginting. (2024). Implementasi Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–53. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047

Arends, R. I. (2008). Learning to teach (7th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

August, R., & Ramlah. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 101–110.

Burton, G. (2024). Teori belajar dalam pendidikan matematika. Dalam Kamal (Ed.), Landasan pendidikan matematika (hlm. 45–63). Bandung: Alfabeta.

Cahyani, H., & Setyawati, R. (2016). Pentingnya peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–130.

Daimah, S., & Suparni. (2023). Pendidikan karakter dalam era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 233–240.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 15–26.

Harto, S. (2022). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudoyo, H. (1998). Strategi belajar mengajar matematika. Malang: IKIP Malang.

Lestari, E. (2022). Efektivitas Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(2), 87–95.

NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nova, T. (2021). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan indikator Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25–35. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Nur, A. (2022). Kolaborasi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika efektif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 54–62.

Pangkey, A. (2024). Peran matematika dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–9.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puandi, D. (2017). Pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah Polya. Bandung: Refika Aditama.

Putri, R. (2020). Tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 8(1), 13–21.

Rismen, A., Rahma, F., & Salma, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan, 15(3), 189–197.

Setiawan, B. (2023). Pendidikan sebagai fondasi pembangunan bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.

Siagian, M. (2017). Teori pembelajaran matematika menurut Bruner. Medan: Unimed Press.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siregar, A. (2024). Pendidikan karakter di era global. Jurnal Pendidikan Nasional, 20(1), 33–42.

Son, L. (2023). Pentingnya pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 65–74.

Sumantri, M. (2016). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sutama, I., Dewi, N., & Yulianti, L. (2021). Tahapan Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 123–134.

Suwanjal, H. (2016). Pentingnya matematika dalam pendidikan berkualitas. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Yusri, R. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 88–95.

Zulkarnain, F. (2015). Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–50. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.164

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Oktaviani, T., Rismen, S., & Delyana, H. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DAN FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 RANAH BATAHAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1149–1156. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6913