PENGGUNAAN AI BERBASIS CHATGPT DAN PAPERPAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN MODUL DAN MATERI AJAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6926
Keywords:
ChatGPT, Guru, Modul, PaperpalAbstract
Perkembangan teknologi dibidang pendidikan semakin berkembang pesat. Pemanfaatan kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan AI (Artificial Intelligence) dalam dunia pendidikan menciptakan banyak inovasi dalam pembelajaran termasuk dalam penyusunan modul dan materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan AI berbasis ChatGPT dan Paperpal untuk menambah wawasan guru dalam menyusun modul dan materi ajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur review dengan menelaah berbagai artikel, jurnal, dan sumber akademik yang relevan dengan penelitian. Adapun tahap penelitian dimulai dengan pengumpulan data, kemudian klasifikasi data, lalu analisis data, dan terakhir sintesis. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ChatGPT dan Paperpal dapat mempercepat proses penulisan modul, meningkatkan kualitas bahasa, serta menyajikan materi yang lebih mudah dipahami siswa. ChatGPT diposisikan sebagai asisten kreatif yang mampu menghasilkan ide, kerangka modul, penjelasan materi, hingga variasi soal latihan, sedangkan Paperpal berperan sebagai penyunting profesional yang memastikan hasil penulisan memiliki tata bahasa yang baik, konsistensi istilah, serta sesuai dengan kaidah akademik. Penggunaan ChatGPT dan Paperpal berpotensi besar dalam mendukung guru menyusun modul dan materi ajar yang lebih berkualitas, tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas dan dampaknya secara nyata terhadap peningkatan mutu pembelajaran.
Downloads
References
Ahmad, R. M. (2024). Efektivitas pelatihan integrasi Canva dan Chat GPT sebagai media pembelajaran bagi pendidik di Kota Kupang. Journal of Education Research, 5(2), 1081–1088. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953 DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953
Ary, A. K. (2024). Presepsi guru tentang penggunaan Chat GPT dalam pembelajaran. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(3), 1088–1095.
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. DOI: https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Boentolo, F., Manu, C. C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran guru yang memanfaatkan AI dalam membangun generasi unggul menuju Indonesia emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48 DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Kusworo, K., Goreta, G., Hanafi, I., Susanto, T. T. D., & Astuti, I. A. D. (2024). ChatGPT sebagai era baru dalam transformasi pembelajaran: Systematic literature review. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 480–485. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17991
Maryono, M., Kuntarto, E., Budiono, H., Sastrawati, E., & Noviyanti, S. (2024). Pelatihan praktik baik penyusunan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Journal of Human and Education (JAHE), 4(4), 713–719. DOI: https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326
Nashito, F., Silvi, M., Puspita, M., & Safrizal. (2023). Deskripsi tingkat pemahaman pembuatan modul ajar Kurikulum Merdeka pada calon guru MI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 186–195. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i2.1857
Nugroho, B., Iriani, T., & Murtinugraha, R. E. (2025). Analisis penggunaan aplikasi Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu penyelesaian skripsi pada mahasiswa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3022–3029. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7391
Rahayu, B. S., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3883-3887. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1502
Safitri, L. U. I., & Sabandi, M. (2025). Pengaruh kepercayaan yang dirasakan, ekspektasi usaha, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap penggunaan ChatGPT pada guru. Jurnal Pendidikan, 13(1), 49–61.
Syahputra, M. W., Zulaiha, S., & Yulizah, Y. (2024). Implementasi modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal pada kelas IV di MIN 03 Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup)
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Wenda, D. D. N., Imron, I. F., Putri, K. E., Sahari, S., Kurnia, I., Permana, E. P., Damariswara, R., Handayani, R., & Wiganata, S. A. (2023). Pelatihan pembuatan modul ajar sebagai upaya implementasi Kurikulum Merdeka pada guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 848–855. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024 DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024
Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi ChatGPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69–76. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226
Wirahmadayanti, I., Yuhandri, & Sumijan. (2025). Technology readiness index untuk menganalisis kesiapan adopsi teknologi kecerdasan buatan mahasiswa komputer. Jurnal KomtekInfo, 12(1), 12–21. https://jkomtekinfo.org/ojs DOI: https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v12i1.584
Yunita, F., & Gunawan, G. (2025). Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 300-315. DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.