PENGGUNAAN AI BERBASIS CHATGPT DAN PAPERPAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN MODUL DAN MATERI AJAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6926

Authors

  • Nurtaqiya Universitas Sulawesi Barat
  • M. Naim Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Ridwan Prasetya Universitas Sulawesi Barat
  • Dian Anugrah Universitas Sulawesi Barat
  • Pajriani Universitas Sulawesi Barat
  • Nurmila Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

ChatGPT, Guru, Modul, Paperpal

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang pendidikan semakin berkembang pesat. Pemanfaatan kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan AI (Artificial Intelligence) dalam dunia pendidikan menciptakan banyak inovasi dalam pembelajaran termasuk dalam penyusunan modul dan materi ajar. Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  penggunaan AI berbasis ChatGPT dan Paperpal untuk menambah wawasan guru dalam menyusun modul dan materi ajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur review dengan menelaah berbagai artikel, jurnal, dan sumber akademik yang relevan dengan penelitian. Adapun tahap penelitian dimulai dengan pengumpulan data, kemudian klasifikasi data, lalu analisis data, dan terakhir sintesis. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ChatGPT dan Paperpal dapat mempercepat proses penulisan modul, meningkatkan kualitas bahasa, serta menyajikan materi yang lebih mudah dipahami siswa. ChatGPT diposisikan sebagai asisten kreatif yang mampu menghasilkan ide, kerangka modul, penjelasan materi, hingga variasi soal latihan, sedangkan Paperpal berperan sebagai penyunting profesional yang memastikan hasil penulisan memiliki tata bahasa yang baik, konsistensi istilah, serta sesuai dengan kaidah akademik. Penggunaan ChatGPT dan Paperpal berpotensi besar dalam mendukung guru menyusun modul dan materi ajar yang lebih berkualitas, tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas dan dampaknya secara nyata terhadap peningkatan mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. M. (2024). Efektivitas pelatihan integrasi Canva dan Chat GPT sebagai media pembelajaran bagi pendidik di Kota Kupang. Journal of Education Research, 5(2), 1081–1088. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953 DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953

Ary, A. K. (2024). Presepsi guru tentang penggunaan Chat GPT dalam pembelajaran. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(3), 1088–1095.

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. DOI: https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Boentolo, F., Manu, C. C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran guru yang memanfaatkan AI dalam membangun generasi unggul menuju Indonesia emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48 DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

Kusworo, K., Goreta, G., Hanafi, I., Susanto, T. T. D., & Astuti, I. A. D. (2024). ChatGPT sebagai era baru dalam transformasi pembelajaran: Systematic literature review. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 480–485. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17991

Maryono, M., Kuntarto, E., Budiono, H., Sastrawati, E., & Noviyanti, S. (2024). Pelatihan praktik baik penyusunan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Journal of Human and Education (JAHE), 4(4), 713–719. DOI: https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326

Nashito, F., Silvi, M., Puspita, M., & Safrizal. (2023). Deskripsi tingkat pemahaman pembuatan modul ajar Kurikulum Merdeka pada calon guru MI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 186–195. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i2.1857

Nugroho, B., Iriani, T., & Murtinugraha, R. E. (2025). Analisis penggunaan aplikasi Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu penyelesaian skripsi pada mahasiswa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3022–3029. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7391

Rahayu, B. S., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3883-3887. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1502

Safitri, L. U. I., & Sabandi, M. (2025). Pengaruh kepercayaan yang dirasakan, ekspektasi usaha, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap penggunaan ChatGPT pada guru. Jurnal Pendidikan, 13(1), 49–61.

Syahputra, M. W., Zulaiha, S., & Yulizah, Y. (2024). Implementasi modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal pada kelas IV di MIN 03 Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup)

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wenda, D. D. N., Imron, I. F., Putri, K. E., Sahari, S., Kurnia, I., Permana, E. P., Damariswara, R., Handayani, R., & Wiganata, S. A. (2023). Pelatihan pembuatan modul ajar sebagai upaya implementasi Kurikulum Merdeka pada guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 848–855. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024 DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi ChatGPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69–76. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226

Wirahmadayanti, I., Yuhandri, & Sumijan. (2025). Technology readiness index untuk menganalisis kesiapan adopsi teknologi kecerdasan buatan mahasiswa komputer. Jurnal KomtekInfo, 12(1), 12–21. https://jkomtekinfo.org/ojs DOI: https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v12i1.584

Yunita, F., & Gunawan, G. (2025). Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dan Peluang. Media Pendidikan Matematika, 13(1), 300-315. DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.15310

Downloads

Published

2025-09-14

How to Cite

Nurtaqiya, N., Naim, M., Ridwan Prasetya, M., Dian Anugrah, Pajriani, & Nurmila. (2025). PENGGUNAAN AI BERBASIS CHATGPT DAN PAPERPAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN MODUL DAN MATERI AJAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1109–1119. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6926