REPRESENTASI METODE DAN MODEL KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6934

Authors

  • Suci Yongki insud.ac.id
  • Luthfi Hidayah

Keywords:

Komunikasi, Matematis, Metode, Model,Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk memahami dan mengekspresikan ide-ide matematika menggunakan simbol, notasi, dan bahasa yang tidak terikat pada objek fisik atau situasi konkret. Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan hambatan pendengaran, penglihatan, dan intelektual, tantangan dalam menguasai abstrak komunikasi matematis sangat beragam dan memerlukan pendekatan yang disesuaikan. Penelitian ini dilakukan di SLBN Randublatung Blora. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, Metode komunikasi matematis pada ABK hambatan intelektual (Tuna Grahita) yaitu berkonsep pada prasyarat yang mendasar. Dalam metode ini harus sangat mengedepankan perihal konkrit, sensori dan berulang. Kedua, Metode komunikasi matemtis pada ABK hambatan penglihatan (Tuna Netra) yaitu menggunakan komunikasi berbasis alat bantu adaptif. Penggunaan alat bantu khusus sangat penting untuk memfasilitasi pemahaman matematis. berpusat pada pendekatan multisensori dan konsep kongkrit. Pembelajaran ini didasarkan pada sentuhan, pendengaran dan pemahaman spasial. Ketiga, Metode komunikasi matematis pada ABK hambatan Pendengaran (Tuna Rungu) harus didasarkan pada visual, bahasa isyarat dan pengalaman praktis. Pertama, Model komunikasi matematinya pada ABK hambatan intelektual (Tuna Grahita) yaitu menggunakan konsep prasyarat yang paling mendasar yaitu: pengenalan kuantitas, sensori dan kuantitas serta rutinitas dan urutan. Kedua, Model komunikasi matematis pada ABK hambatan penglihatan (Tuna Netra) yaitu metode berfokus dari pengalaman langsung dan adaptasi alat bantu. Kemudian menggunakan 3 model fase, yaitu fase Taktil (Kongkret), fase Auditori (Lisan) dan fase Simbolis (Abstrak). Ketiga, Model komunikasi matematis pada ABK hambatan pendengaran (Tuna Rungu) Peneliti menggunakan model komunikasi visual kongkrit simbolis yang diadopsi dari pengajaran matematika bagi anak dengar dan dimodifikasi dalam bentuk visual dan pengalaman langsung.Terdapat 3 model fase yaitu, fase konkrit praktis, fase semi konkrit visual dan fase simbolis abstak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz, “Komunikasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Mediakita, Vol. 01, No. 02, Tahun 2017, 173. DOI: https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i2.365

Agus M. Hardjana, Komunikasi Intrapersonal & interpersonal, ( Jakarta : Penerbit Kanisius, 2003), 60.

Ahmad Tamrin Sikumbang, “KOMUNIKASI BERMEDIA”, Jurnal Iqra’ Vol. 08 No. 01, 2014, hlm. 63.

Ahmad, Marzuki, & Dwi Putria Nasution. 2018. “Analisis Kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik.” Jurnal Gantang 3(2): 83–95. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Ariani, Y. (2006). "Matematika yang Ramah". Wordpress.Com. yutiariani.wordpress.com/2006/12/07/matematika- yang-ramah/

Astutik, Rahayu. 2014. “Pengaruh pembelajaran game berbasis komputer terhadap hasil belajar matematika penjumlahan anak autis ringan di sdn klampis ngasem 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus: 1–5.

Dulisanti, Reza. 2015. “Penerimaan Sosial Dalam Proses Pendidikan Inklusif (Studi Kasus Pada Proses Pendidikan Inklusif Di Smk Negeri 2 Malang).” Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS) 2(1): 52–60. DOI: https://doi.org/10.21776/10.21776/ub.ijds.2015.02.01.05

Efendi, Mohammad. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Endang Lestari & MA Maliki, Komunikasi Efektif Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan I dan II, ( Jakarta : Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, 2006 ), 6-7.

Ety Nur Inah, “Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa”, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015, 152.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Medives, 2(1), 99±106. https://doi.org/10.31331/medives.v2il.509 DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.509

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di

Fenny Oktavia, “Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa dalam Memediasi Kepentingan PT Bukit Borneo Sejahtera dengan Masyarakat Desa Long Lunuk”, e-Journal Ilmu Komunikasi, Vol. 4, No. 1, Tahun 2016, 240.

Febri, Wati Eka. 2019. “Bimbingan anak tunagrahita dalam meningkatkan belajar Di Slb Dharma Bhakti Kemiling Bandar Lampung.” : 104.

H. A.W. Widjaya, Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, ( Jakarta : Bina Aksara, 1986), 26.

Hasniyati Gani Ali, “Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik”, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6, No. 1, Januari-Juni 2013, 34. DOI: https://doi.org/10.59342/jpkm.v1i1.15

Hassa Nurrohim & Lina Anatan, “Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi”, Jurnal Manajemen, Vol.7, No.4, Mei Tahun 2009, 2.

Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, ( Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2005 ),hlm.25

Mar’atus, Sholikhah et al. 2018. “Kemampuan komunikasi matematis siswa tunagrahita ringan smalb-c negeri jember dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan aljabar menggunakan alat peraga kertas aljabar.” KadikmA 9(2): 98–107.

M. Arif Khoirudin, “ Peran Komunikasi Dalam Pendidikan”, Jurnal Komunikasi, Vol. 23, No. 01, Januari TAhun 2012. 34. DOI: https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i1.17

M. Riyanton, “Pendidikan Humanisme dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 01, No. 02, Tahun 2016, 3.

Mohamad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pembelajaran, ( Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2015 ), 02.

Moleong, Lexy J, 2014, Metodologi Penelitian Kualitati , (Bandung:Remaja Rosdakarya), hlm.186

Muhammad, Jamila. Special Education For Special Children ( Panduan Pendidikan Khusus Anak-anak Dengan Ketunaan dan Learning Disabilites). Jakarta, Hikmah (PT. Mizan Publika), 2008

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, ( Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004 ),100.

Nourie, M. R. D. dan S. S. (2004). Quantum Teaching. Kaifa.

Nur Indrianto dan Bambang Supomo, 2016, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Managemen, Bandung:Alfabeta. Hlm 147

Oh Su Hyang, “the secret habits to master your art of speaking, bicara itu ada seninya rahasia komunikasi yang efektif”, terj Asti Ningsih, (Jakarta : Bhuana Ilmu Populer, 2018), 27.

Prananosa, “Konsep Komunikasi. 35.

Rochajat Harun dan Elviano Ardianto, Komunikasi Pembangunan Persfektif Dominan Kajian Ulang dan Teori Kritis, (Jakarta : Rajawali Press, 2011), hlm 20.

Rochajat Harun,2007, Matodelogi Kualitatif untuk Penelitian, (Bandung:Madar Maju). Hlm.71

S. P Robbins, & M. Coulter, Manajemen, ( Jakarta : PT Indeks, 2007), 68.

Sekolah Inklusi. Journal of Medives, 2(1), 99±106. https://doi.org/10.31331/medives.v2il.509

Septiati, E. (2007). Komunikasi Matematika: Aspek-Aspek dan Indikatornya. Jurnal Komunikasi. Vol.1 NO 2

Sikumbang, “KOMUNIKASI BERMEDIA. 64. Desember 2013

Siti Hajar, “Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan dan Inklusi dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)”, Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, ISSN 2356- 3443 eISSN 2356-3451, Vol. 4, No.2, Juli 2017, 39.

Sitriah Salim Utina, “Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus”, Tabdir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.02, No. 01, Februari 2014, 73-74. (72-78)

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta), hlm.115

Sunhaji, “Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran”, Jurnal Kependidikan, Vol. 02, No. 02, November 2014, 32.

Tubbs Et Al, Human Comunication ( Konteks-Konteks Komunikasi ), ( Bandung : PT Rosdakarya, 2011), 11.

Wawancara bersama ibu Sri Panuti selaku Humas SLB Negeri Randublatung Blora pada hari senin tanggal 18 bulan Februari 2025

Downloads

Published

2025-09-24

How to Cite

Yongki, S., & Hidayah, L. (2025). REPRESENTASI METODE DAN MODEL KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1186–1203. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6934