PROSES BERFIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ILMU WARIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6942

Authors

  • Septia Dewi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Mulhamah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Sofyan Mahfudy Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Berfikir Analitis, Ilmu Waris, Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti melihat terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari ilmu waris, salah satunya adalah penggunaan konsep matematika. Kemampuan berfikir analitis siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berfikir analitis siswa dalam menyelesaikan masalah ilmu waris berdasarkan gaya kognitif Field Dependent dan gaya kognitif Field Independent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan design penelitian studi kasus yang fokus pada pemahaman mendalam dan komprehensif tentang suatu kasus atau masalah  dalam konteks nyata. Studi kasus ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir analitis antara siswa dengan gaya kognitif FI (Field Independent) dan FD (Field Dependent). Siswa yang memiliki gaya kognitif FI menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah, sementara siswa dengan gaya kognitif FD belum mampu menyelesaikan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad’hiya, E., & Laksono, E. W. (2018). Development and validation of an integrated assessment instrument to assess students’ analytical thinking skills in chemical literacy. International Journal of Instruction, 11(4), 241–256. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11416a DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11416a

Anjani, R., M, D., & Kamid, K. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2746–2755. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.835 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.835

Cabanilla-Pedro, L. A., Acob-Navales, M., & Josue, F. T. (2004). Improving analyzing skills of primary students using a problem solving strategy. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 27(1), 33–53. http://www.recsam.edu.my/sub_JSMESEA/images/journals/YEAR2004/jour04no.1/33-53.pdf

Firdaus, H., & Ismail, I. (2023). Proses Berpikir Analitis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 12(3), 797–813. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p797-813 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p797-813

Ginting, S. D., & Nasution, H. A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 305–315. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3063 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3063

Hasibuan, Z. E. (2018). Menelaah Hukum Ahli Waris Pengganti Dalam Ilmu Faraidh. Jurnal Al-Maqasid, 4(2), 49–50.

Imtihanah, I. L. (2024). Konsep Matematika Sekolah Pada Hukum Waris Islam.

Kahfi, A., & Hayati, E. (2022). Hubungan Hasil Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Faraidh Dalam Pembelajaran Fiqih Mawaris. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 10–18. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.75 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.75

Kusnaini. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Belajar di SMK BAITUL HIKMAH TEMPUREJO JEMBER.

Liu, Y., & Ginther, D. (1999). Cognitive Styles and Distance Education. Online Journal of Distance Learning Administration, 2(903), 1–17. http://www.westga.edu/~distance/liu23.html

Mahyastuti, I., Dwiyana, D., & Hidayanto, E. (2021). Kemampuan Berfikir Analitis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19644 DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19644

Maqruf, A., Sudirman, S., & Muksar, M. (2023). Karakteristik Proses Berfikir Analitis Siswa Dalam Memecahkan Permasalahan Himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6266 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6266

Marzano, R. J. (1988). Dimension Of Thingking: A Frame Work For Curriculum and Instruction. Association for Supervision and Curriculum Development.

Masruroh, F., & Wahyuni, T. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Conference on Research and Community Services, 4(1), 408–413.

Nurlaela. (2020). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs. 2507(February), 1–9. DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410

Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan, R. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412 DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412

Prayoga, S. A., Sofakhiroh, I., Puspitaningayu, T., & Mustika Sari, N. H. (2024). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.35508/fractal.v5i1.16094 DOI: https://doi.org/10.35508/fractal.v5i1.16094

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 894–900. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/390

Sitthipon, A.-I. (2012). Development of Teachers’ Learning Management Emphasizing on Analytical Thinking in Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1997), 3339–3344. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.063 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.063

Wulandari, R. (2017). Analisis Gaya Kognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SDN Banyuajuh I Kamal Madura. Jurnal Widyagogik, 4(2), 95–106.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Dewi, S., Mulhamah, M., & Mahfudy, S. (2025). PROSES BERFIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ILMU WARIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1168–1185. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6942