PENERAPAN PENDEKATAN DEEP LEARNING MENGGUNAKAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6957
Keywords:
Pemahaman konsep matematis, Deep Learning, Teams Games TournamentAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan pendekatan deep learning menggunakan TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu True Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,629. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value = 0,008 pada taraf =0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan pendekatan Deep Learning menggunakan TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung.
Downloads
References
Adistya Shofia Finanda, Jihan Fira Fadhila, H. (2024). Problematika Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Yang Kerap Kali Mengalami Perubahan Di Setiap Tahunnya. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(3), 231–236.
Fauziah Nasution, Lili Yulia Anggraini, K. P. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Edukasi Nonformal, 3(2), 1–12.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2019). Indikator Pemahaman Konsep Matematis. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar, 4(2), 33–36. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Herwandi. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(2), 47–54. Https://Doi.Org/10.62388/Prisma.V1i2.208 DOI: https://doi.org/10.62388/prisma.v1i2.208
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 98. Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V2i2.20821 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. Https://Www.Jim.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Himpunan/Article/View/6818
Opinsi, D., & Kurniah, N. (2022). Penerapan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Ketekunan Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 31–41. Https://Doi.Org/10.33369/Diadik.V12i1.21347 DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21347
Putri, R., Syahnam, S., Kurnia, H., Indah, M., & Fierna, M. (2024). Penerapan Deep Learning Dalam Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 2(2022), 97–102.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta. (P. 220).
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10047903
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.