PENERAPAN PENDEKATAN DEEP LEARNING MENGGUNAKAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6957

Authors

  • M Fiqri Al Rizqi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Melisa Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yulia Haryono Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Pemahaman konsep matematis, Deep Learning, Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan pendekatan deep learning menggunakan TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu True Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,629. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value = 0,008 pada taraf   =0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan pendekatan Deep Learning menggunakan TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 29 Sijunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adistya Shofia Finanda, Jihan Fira Fadhila, H. (2024). Problematika Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Yang Kerap Kali Mengalami Perubahan Di Setiap Tahunnya. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(3), 231–236.

Fauziah Nasution, Lili Yulia Anggraini, K. P. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Edukasi Nonformal, 3(2), 1–12.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2019). Indikator Pemahaman Konsep Matematis. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar, 4(2), 33–36. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Herwandi. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(2), 47–54. Https://Doi.Org/10.62388/Prisma.V1i2.208 DOI: https://doi.org/10.62388/prisma.v1i2.208

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 98. Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V2i2.20821 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. Https://Www.Jim.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Himpunan/Article/View/6818

Opinsi, D., & Kurniah, N. (2022). Penerapan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Ketekunan Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 31–41. Https://Doi.Org/10.33369/Diadik.V12i1.21347 DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21347

Putri, R., Syahnam, S., Kurnia, H., Indah, M., & Fierna, M. (2024). Penerapan Deep Learning Dalam Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 2(2022), 97–102.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta. (P. 220).

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10047903

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Rizqi, F., Melisa, M., & Haryono, Y. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN DEEP LEARNING MENGGUNAKAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1223–1233. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6957