ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MELALUI DESAIN KESEMPATAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6962

Authors

  • Nasrullah Universitas Negeri Makassar
  • Khadijah Universitas Negeri Makassar
  • Ahyani Mirah Liani Universitas Negeri Makassar
  • Mar Athul Wazithah T. Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kemampuan berpikir aljabar, desain kesempatan belajar, aljabar linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar mahasiswa jurusan matematika melalui desain kesempatan belajar pada mata kuliah Aljabar Linear Elementer. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek tiga orang mahasiswa yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui analisis hasil tugas dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan indikator kemampuan berpikir aljabar menurut Kieran (2004), yaitu generalisasi aritmetika, representasi simbolik, dan penalaran struktur matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pertama dan kedua memiliki kemampuan berpikir aljabar pada kategori sedang, sedangkan subjek ketiga menunjukkan kemampuan tinggi dengan eksplorasi konseptual yang lebih mendalam. Secara umum, mahasiswa lebih menguasai aspek generalisasi aritmetika dan representasi simbolik dibanding penalaran struktur matematis yang masih menjadi tantangan utama. Implementasi desain pembelajaran berbasis kesempatan belajar terbukti memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar mahasiswa melalui penciptaan lintasan konseptual yang bermakna, fleksibilitas pembelajaran, integrasi teknologi spreadsheet, serta pengembangan refleksi dan metakognisi. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang responsif dan adaptif untuk mengoptimalkan perkembangan kemampuan berpikir aljabar mahasiswa di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, W. (2024). Pengembangan desain didaktis untuk mengantisipasi learning obstacles berpikir aljabar di sekolah dasar. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan.

Hamda. Waliyullah, Akbar. Nasrullah. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi ditinjau dari Gaya Belajar. VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 4(3), 183-195.

Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What is it? The Mathematics Educator, 8(1), 139–151.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. National Academy Press.

Maria, M., Panggabean, E. M., & Harahap, T. H. (2023). Lintasan belajar berbasis lintasan konseptual pada bilangan bulat. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam, 4(2), 45–56.

Nasrullah. Khadijah. Liani, Ahyani Mirah (2024). Analisis kemajuan kemampuan dasar dalam pembelajaran aljabar linear lanjut bagi mahasiswa perguruan tinggi. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7 (2). 119-129. DOI: https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2512

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.

Radford, L. (2010). Algebraic thinking from a cultural semiotic perspective. Research in Mathematics Education, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.1080/14794800903569743 DOI: https://doi.org/10.1080/14794800903569741

Risnanosanti, R., Prasetyo, A. A., & Syofiana, M. (2023). Hypothetical learning trajectory penalaran matematis materi statistika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 10(2), 113–128. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11743

Simon, M. A. (1995). Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114–145. DOI: https://doi.org/10.5951/jresematheduc.26.2.0114

Stacey, K., & MacGregor, M. (1997). Ideas about symbolism that students bring to algebra. The Mathematics Teacher, 90(2), 110–113. DOI: https://doi.org/10.5951/MT.90.2.0110

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Nasrullah, N., Khadijah, K., Liani, A. M., & T., M. A. W. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MELALUI DESAIN KESEMPATAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6962