EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6970

Authors

  • Vania Zada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agung Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Jigsaw, Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas X di SMAN 10 Surabaya  mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw serta membandingkan dengan kelas yang meggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah  siswa kelas X di SMAN 10 Surabaya, sedangkan sampel yang digunakan ialah kelas kontrol X J (30 siswa) dan kelas eksperimen X H (30 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini signifikan meningkatkan  hasil belajar siswa dibandingkan menggunakan model konvensional. Didapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi dari kelas eksperimen. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329 DOI: https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329

Betawi, A. S. R., & Pambudi, A. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Pada Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Siswa Kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi (PTM-PTB-PTIK) FKIP-UNS, 96–109.

Darudin, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 1–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775 DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18516

Dhenis Indera Wira Pratama Putra, -. (2022). Pengaruh Latihan Beban Menggunakan Set Sistem Dan Piramid Sistem Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Tungkai Atlet Dayung Rowing Kabupaten Bandung Barat. https://repository.upi.edu

Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764 DOI: https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Hakikat Matematika Bab II. 12–65.

Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892 DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8 DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Ramos, A. L. S. C. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TIPE EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TGB DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA. 66, 37–39.

Riko, Y., Barella, Y., Riko Universitas Tanjungpura, Y., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., & Pontianak, K. (2023). Upaya Guru Terhadap Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Vii Dalam Pembelajaran Ips Di Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2019), 10–2023. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i10.70275

Saputri, W. I. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. April, 1–72. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55074

Sari, M., Ningsih, M. M. S., Febriani, M., Febrianty, A., Prawita, T. W., & Nurjannah, A. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Warta Dharmawangsa, 18(1), 219–230. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267 DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267

Suarjo, S. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajarsiswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir, Berpasangan, Berbagi Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas Iv Sdn 07 Kabawetan. Jurnal PGSD, 9(2), 261–266. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.261-266 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.261-266

Sugiyanto. (2010). Pembaelajaran Kooperatif. Sugiyanto, 37, 9–49. http://eprints.uny.ac.id/7734/3/bab 2 - 08108241038.pdf

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Suwarno, S. (2018). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 19. https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.445 DOI: https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.445

Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504 13(2), 84–89. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504

Downloads

Published

2025-09-28

How to Cite

Zada, V., Sutini, S., & Prasetyo, A. (2025). EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1296–1307. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6970