EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6970
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Jigsaw, MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas X di SMAN 10 Surabaya mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw serta membandingkan dengan kelas yang meggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 10 Surabaya, sedangkan sampel yang digunakan ialah kelas kontrol X J (30 siswa) dan kelas eksperimen X H (30 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan menggunakan model konvensional. Didapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi dari kelas eksperimen. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika
Downloads
References
Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329 DOI: https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329
Betawi, A. S. R., & Pambudi, A. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Pada Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Siswa Kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi (PTM-PTB-PTIK) FKIP-UNS, 96–109.
Darudin, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 1–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775 DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18516
Dhenis Indera Wira Pratama Putra, -. (2022). Pengaruh Latihan Beban Menggunakan Set Sistem Dan Piramid Sistem Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Tungkai Atlet Dayung Rowing Kabupaten Bandung Barat. https://repository.upi.edu
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764 DOI: https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Hakikat Matematika Bab II. 12–65.
Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892 DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8 DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Ramos, A. L. S. C. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TIPE EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TGB DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA. 66, 37–39.
Riko, Y., Barella, Y., Riko Universitas Tanjungpura, Y., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., & Pontianak, K. (2023). Upaya Guru Terhadap Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Vii Dalam Pembelajaran Ips Di Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2019), 10–2023. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i10.70275
Saputri, W. I. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. April, 1–72. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55074
Sari, M., Ningsih, M. M. S., Febriani, M., Febrianty, A., Prawita, T. W., & Nurjannah, A. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning. Warta Dharmawangsa, 18(1), 219–230. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267 DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4267
Suarjo, S. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajarsiswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir, Berpasangan, Berbagi Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas Iv Sdn 07 Kabawetan. Jurnal PGSD, 9(2), 261–266. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.261-266 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.261-266
Sugiyanto. (2010). Pembaelajaran Kooperatif. Sugiyanto, 37, 9–49. http://eprints.uny.ac.id/7734/3/bab 2 - 08108241038.pdf
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Suwarno, S. (2018). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 19. https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.445 DOI: https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.445
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504 13(2), 84–89. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.