PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR TRIGONOMETRI TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.7012

Authors

  • Awan Darmawan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Yandika Nugraha Universitas Islam Negeri Mataram
  • Bq. Rovina Arvy Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Problem Based Learning, Roda pintar trigonometri, Prestasi belajar, Gaya belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media roda pintar trigonometri terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri atas 40 siswa SMA Islam Abhariyah yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar pada materi trigonometri. Analisis data menggunakan uji normalitas, dan One Way ANOVA. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, sehingga memenuhi syarat untuk dilakukan analisis parametrik. Hasil analisis One Way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar dengan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media roda pintar trigonometri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, serta  dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar yang dimiliki siswa. Ditinjau dari gaya belajar, kelompok visual memperoleh peningkatan prestasi paling tinggi, disusul kelompok auditori dan kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, A. M. S., Suyitno, H., & Wardono. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Belajar siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Matematika X, 2007, 328–336.

Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94.

Aprilia, N. (2024). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dengan Berbantuan Media Roda Pintar Trigonometri (Ropitri).

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Field, A. (2017). SPSS 5th. Dk, 53(9), 1689–1699.

Hermawan, D., & Hutajulu, M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Peserta Didik Smp Kelas Vii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 131–140. https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.131-140 DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.131-140

Jala, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa. Jurnal Pendidikan Refleksi, 9(3)(1), 210–225.

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan Alat Peraga Roda Pintar sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Ningrum, P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Roda Pintar Untuk Perkembangan Kognitif. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional …, 639–645.

Owon, R. A. S. (2019). Penggunaan Media Plano Kalender Bekas Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Materi Pidato Persuasif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 198–213. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.10020

Permata, R. A., Syaidatussalihah, & Abdurahim. (2023). Penentuan Uji Statistik pada Penelitian Bidang Kesehatan. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.279 DOI: https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.279

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486 DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Sudiwijaya, E., & Arifianto, B. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Podcast. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(4), 442. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4825 DOI: https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4825

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Darmawan, A., Nugraha, Y., & Arvy, B. R. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR TRIGONOMETRI TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1308–1318. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.7012