Analisis Karakteristik Butir Tes Matematika Pada Tes Buatan MGMP Matematika Kota Makassar Berdasarkan Teori Moderen (Teori Respon Butir)
Keywords:
Analisis Butir Tes, Teori respons butir, soal matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas karakteristik Butir Tes Matematika pada Tes Buatan MGMP Kota Makassar Didasarkan pada Teori Respons Butir. Penelitian ini adalah penelitian eks post facto. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP se-Kota Makassar yang mengikuti tes Matematika Tahun Pelajaran 2013/2014. Objek yang dipilih adalah butir soal matematika objektif pilihan ganda buatan MGMP Kota Makassar yang terdiri atas 5 Paket soal dengan jumlah butir sebanyak 40 item untuk masing-masing paket. metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi, dengan mengumpulkan respon siswa pada soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Makassar, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif berdasarkan teori moderen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis dengan teori modern, rata-rata soal matematika buatan MGMP kota Makassar untuk semua paket yang sesuai model ada sebesar 76% untuk 1 parameter, 67% untuk 2 parameter ,dan 73% untuk 3 parameter, fungsi informasi yang pada umumnya di bawah 50% mengindikasikan bahwa secara keseluruhan keandalan dari semua paket soal masih tergolong kurang andal, umumnya paket soal yang diujikan pada try out UN Matematika oleh MGMP Kota Makassar, memiliki indeks kesukaran dengan kategori kurang baik, daya pembeda kurang baik, namun indeks tebakan semu masih dalam kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, kualitas karakteristik butir soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Makassar ditinjau dari teori modern (teori respon butir) umumnya berada pada kategori kurang baik dengan persentase sebesar 48%.
Downloads
References
Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Onterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.
Anang. 2014.Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013. http://pak-anang.blogspot.com/2013/12/kisi-kisi-skl-un-2014.html. di download pada hari senin, 18 Februari 2014. Pkl 14.37 wita.
Anggreyani, Arie. (2009). Penerapan Teori Uji Klasik dan Teori Respon Butir dalam Mengevaluasi Butir Soal. Bogor: Departemen Statistika FMIPA IPB.
Arjuna. (2013). Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah/Madrasah Mata Pelajaran Matematika Kabupaten Soppeng Berdasarkan Teori Klasik. Makassar: PPs UNM
Crocker, Linda. & Algina (2008). Introduction to Classic and Modern Test Theory. USA: Cengage Learning.
Hambleton, R.K., Swaminathan, H & Rogers, H.J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publication Inc.
Hidayati, Kana. (2002). Keakuratan Hasil Analisis Butir Menurut Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir Ditinjau dari Ukuran Sampel. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Isfaruddin. (2010). Analisis Butir pada Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Jarak jauh Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jakarta: Jurusan Statistika: FMIPA UT.
Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.
Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology. New York: Hold, Rinehart and Wiston,Inc.
Naga, Dali S (2003). Teori Pengukuran Psikometrika Teori Tes Metoda Survei dan Pengukuran. Yogyakarta. UNY.
Naga, Dali S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Besbats.
Nurung. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kota Kendari. Yogyakarta: PPs UNY.
Retnawati, Heri. 2014. Pengembangan Bank Soal Matematika. Yogyakarta: Jurdik Matematika FMIPA UNY diakses pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132255129/Bank%20soal1.pdf.
Van der Linden, W.J. dan Hambleton, R.K. (1997) Handbook of item response theory. New York: Springer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.