Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 6 Makassar

Authors

  • Inderwati AR Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Makassar pada Semester II Tahun Pelajaran 2006/2007 sebanyak 9 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh, yaitu: (1) pada tes awal, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 56,00 dengan standar deviasi 16,04 pada skor ideal 100 dan berada pada kategori sedang. (2) pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 63,23 dengan standar deviasi 15,72 pada skor ideal 100 dan berada pada kategori sedang. (3) pada siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 65,57 dengan standar deviasi 12,82 pada skor ideal 100 dan berada pada kategori tinggi; hal ini berarti bahwa terjadi peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan sebesar 7,23 pada siklus I dan selanjutnya kembali terjadi peningkatan sebesar 2,34 pada siklus II. (4) sikap murid terhadap terhadap pembelajaran yang dilaksanakan mengalami perubahan positif dilihat dari kehadiran, perhatian, keaktifan, dan rasa percaya diri siswa selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, M.,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Surabaya University Press.

Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati. 2006. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pada Kelas Vii Smp Negeri 3 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM Makassar.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Published

2018-03-01

How to Cite

AR, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 6 Makassar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 139–151. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/190

Issue

Section

Articles