Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMA

Authors

  • Jufri Jufri Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Asdar Asdar Universitas Negeri Makasssar
  • Marufi Marufi Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Kooperatif Tipe NHT, Pendekatan Saintifik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam hal ini hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes dengan menggunakan lembar soal tes dan observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 5 Luwu. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar serta respon siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan (gain ternormalisasi) hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I adalah 0,57 dan siklus I ke siklus II adalah 0,30, ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang berarti memenuhi indikator keberhasilan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,76% belum memenuhi indikator keberhasilan, selanjutnya pada siklus II berubah menjadi 85,29% dan memenuhi indikator keberhasilan. Rata-rata presentase aktivitas siswa pada pra tindakan sebesar 39,85% berubah menjadi 75,15% pada siklus I dan 86,76% pada siklus II. Ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dari pra tindakan sampai siklus II. Aktivitas siswa mencapai kategori baik berarti memenuhi indikator keberhasilan. Hasil angket respon siswa pada siklus I sebesar 82,14% sedangkan pada siklus II sebesar 94,12%. Ini menunjukkan siswa memberikan positif terhadap pembelajaran model kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajan matematika pada siswa kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Carin, A.A. & Sund, R.B. Teaching Science Throgh Discovery. Third. Edition. Colombus, Ohio: Publishing Company Charles Merril

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pietersz, Ferry dan Horasdia Saragih. (2010). “Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Cisarua”. Skripsi. Bandung: Universitas Advent Indonesia.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Rusman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenada Media Group

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2019-02-17

How to Cite

Jufri, J., Asdar, A., & Marufi, M. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 33–43. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/209

Issue

Section

Articles