Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMA
Keywords:
Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Kooperatif Tipe NHT, Pendekatan SaintifikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam hal ini hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes dengan menggunakan lembar soal tes dan observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 5 Luwu. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar serta respon siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan (gain ternormalisasi) hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I adalah 0,57 dan siklus I ke siklus II adalah 0,30, ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang berarti memenuhi indikator keberhasilan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,76% belum memenuhi indikator keberhasilan, selanjutnya pada siklus II berubah menjadi 85,29% dan memenuhi indikator keberhasilan. Rata-rata presentase aktivitas siswa pada pra tindakan sebesar 39,85% berubah menjadi 75,15% pada siklus I dan 86,76% pada siklus II. Ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dari pra tindakan sampai siklus II. Aktivitas siswa mencapai kategori baik berarti memenuhi indikator keberhasilan. Hasil angket respon siswa pada siklus I sebesar 82,14% sedangkan pada siklus II sebesar 94,12%. Ini menunjukkan siswa memberikan positif terhadap pembelajaran model kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajan matematika pada siswa kelas X.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Carin, A.A. & Sund, R.B. Teaching Science Throgh Discovery. Third. Edition. Colombus, Ohio: Publishing Company Charles Merril
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pietersz, Ferry dan Horasdia Saragih. (2010). “Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Cisarua”. Skripsi. Bandung: Universitas Advent Indonesia.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Rusman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenada Media Group
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.