Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Siwa Kelas VIII SMPN 6 Palopo
Keywords:
Geogebra, HOTS, pretest-posttestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan HOTS siswa setelah diajar dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra pada materi ruang sisi datar, apakah terjadi peningkatan HOTS siswa setelah diajar menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan HOTS siswa setelah diajar dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra dan siswa yang diajar menggunakan alat peraga pada materi ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pada SMPN 6 Palopo. Populasi dalam penelitian kelas VIII E dan VIII F SMPN 6 Palopo Tahun Ajaran 2018/2019. Tingkat kemampuan HOTS siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen soal pretest dan posttest dalam bentuk essai. Data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi dan data respons siswa menggunakan angket respons siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan peningkatan HOTS siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra dan menggunakan media pembelajaran alat peraga.
Downloads
References
Hariyati, E., & Usodo, B. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperafif Tipe Team Assisted Indvidualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Malematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 20l2/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika.
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.
Ilyas, M., & Fitriani, A. (2015). Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Sainsmat, 3(1).
Kurniati, D. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2), 142-155.
Ma’rufi, Ilyas, M., & Fitriani, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Posing dengan Scaffolding Metakognitif pada SMPN Kota Palopo. Prosiding, 1(1), 34-46.
Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56-67.
Mahmudi, A., & Negeri, J. P. M F. U. 2011. Pemanfaatan Geogebra dalam pembelajaran matematika. In Makalah terdapat pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Maternatika. Seminar diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri
Mulyasa. E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realislik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika.
Nur’aini, I. L., Harahap, F., Badruzzaman, F. H., & Damnawan, D. 2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan Geogebra. Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Purwanti, R. D, Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Malematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. A1-Jabar: Jumal Pendidikan Matematika.
Sari, F. K., Farida, F., & Syaza1i, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. A1-Jabar: Jumal Pendidikan Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.