PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Ririt Marsuki Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Model Pembelajaran Example non Example, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Palopo, dengan kriteria pengaruh (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example, (2) gain ternormalisasi siswa setelah diajar dengan Model Pembelajaran Example Non Example, (3) aktivitas belajar siswa selama diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example, (4) respon siswa setelah diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example. (5) peningkatan  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajar dengan Model Pembelajaran Example Non Example. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Example Non Example

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sartika. 2015. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Imun, Y. 2018. Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X SMA FRATER Palopo. Skripsi tidak Diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Lestari, D. W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP
Mufarida, Ana. 2008. “Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Terbuka Pada Materi Jajargenjang di Kelas VII-C SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto” Skripsi diterbitkan.
R Rianti - Jurnal Pendidikan Tambusai, 2018 - jptam.org
Surya, Pika dan Ika Rahmawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Bilangan Cacah di Kelas II SDN Dander Bojonegoro. Surabaya: Jurnal PGSD. Volume 05 Nomor 03
Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol. 5, No. 2.
Yusnidah. 2018. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Marsuki, R., Ilyas, M., & Ashari, N. W. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 76–87. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/489

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>