Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD

Authors

  • Andi Nurlaelah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1367

Keywords:

Adversity Quotient, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah adalah suatu kemampuan yang baik untuk dikembangkan khususnya dalam mata pelajaran matematika. Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah membutuhkan metode dan cara yang tepat khususnya siswa sekolah dasar. Adversity Quotient merupakan suatu pertimbangan internal dari dalam diri siswa yang diindikasikan dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat gambaran Adversity Quotient dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD, (2) untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Sekolah Dasar kelas V dan VI di Kecamatan Malili. Sampel pada penelitian ini adalah 153 siswa dengan cara Purposive Sampling. Data Adversity Quotient diperoleh menggunakan angket dan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) Adversity Quotient berada pada kategori sedang atau camper (2) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD berada pada kategori sedang. (3) Terdapat pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afri, L. D. (2018). Hubungan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada pembelajaran matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).
Dewi, M., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah disajikan pada Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta 2017
Hardianto, Y., & Sucihayati, R. B. (2019). Hubungan adversity quotient dengan career adaptability pada koas angkatan 2015 Fkg “X” di Rsgm. Psibernetika, 11(2).
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Hikmatussyarifah, H., Hasanah, U., & Tarma, T. (2016). Pengaruh Kelekatan Keluarga Terhadap Adversity Quotient Pada Mahasiswa Bidik Misi. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 3(2), 94-99.
Huijuan, Z. (2009). The Adversity Quotient and Academic Performance Among College Students at St. Joseph’s College, Quezon City. Tesis. [online]. Tersedia di: www. peaklearning.com
Rosita, D., & Rochmad, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 106-113.
Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan adversity quotient dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325-333.
Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Sudarman. (2012). Adversity Quotient Pembangkit Motivasi Siswa dalam Belajar Matematika. Kreatif. 15(1), 26-40.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. 5 Desember 2009.
Widyastuti, R. (2015). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient tipe climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183-194.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

Andi Nurlaelah, Ilyas, M., & Nurdin. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1367

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>