PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Maswin SDN 253 Amasi
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Berpretasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi berprestasi dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada di kecamatan Wasuponda, kabupaten Luwu Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengambilan subjek yaitu teknik sampling acak proportional random sampling. Instrumen penelitian yaitu angket pola asuh orang tua. Angket motivasi berprestasi dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu Terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda, artinya siswa yang memiliki pola asuh orang tua yang baik dan motivasi berprestasi tinggi akan memiliki hasi belajar matematika yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi memiliki kontribusi pengaruh 47,6% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda dan 52,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar motivasi berprestasi dan pola asuh orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhrima, H., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan Antara Harga Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3).
Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 349-356.
DepartemenPendidikanNasional, KamusBesar Bahasa Indonesia.
Destiana, N., Basar, G. G. K., & Humaedi, S. (2016). Hubungan Cara Mengasuh Oleh Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos Pelajar SMA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Isjoni. (2007). SaatnyaPendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta: Pusaka.
Jumarniati. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X se Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Permatasari, B.I, (2015). PengaruhPolaAsuh Orang Tua, Gaya Belajar, danMotivasiBerprestasiTerhadapPrestasiBelajarMatematikaSiswaMTsN Se-Makassar. MaPan;JurnalMatematikadanPembelajaran, 3(1), 1-8.
Sahidin, L., & Jamil, D (2013), PengaruhMotivasiBerprestasidanPersepsiSiswaTentang Cara Guru MengajarTerhadapHasilBelajarMatematika.JurnalPendidikanMatematika, 4 (2), 212-222.
Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222-231.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Syah M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Maswin, Ilyas, M., & Nurdin. (2020). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 24–30. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/482

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>