PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Motivasi BerpretasiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi berprestasi dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada di kecamatan Wasuponda, kabupaten Luwu Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengambilan subjek yaitu teknik sampling acak proportional random sampling. Instrumen penelitian yaitu angket pola asuh orang tua. Angket motivasi berprestasi dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu Terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda, artinya siswa yang memiliki pola asuh orang tua yang baik dan motivasi berprestasi tinggi akan memiliki hasi belajar matematika yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi memiliki kontribusi pengaruh 47,6% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Wasuponda dan 52,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar motivasi berprestasi dan pola asuh orang tua.
Downloads
References
Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 349-356.
DepartemenPendidikanNasional, KamusBesar Bahasa Indonesia.
Destiana, N., Basar, G. G. K., & Humaedi, S. (2016). Hubungan Cara Mengasuh Oleh Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos Pelajar SMA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Isjoni. (2007). SaatnyaPendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta: Pusaka.
Jumarniati. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X se Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Permatasari, B.I, (2015). PengaruhPolaAsuh Orang Tua, Gaya Belajar, danMotivasiBerprestasiTerhadapPrestasiBelajarMatematikaSiswaMTsN Se-Makassar. MaPan;JurnalMatematikadanPembelajaran, 3(1), 1-8.
Sahidin, L., & Jamil, D (2013), PengaruhMotivasiBerprestasidanPersepsiSiswaTentang Cara Guru MengajarTerhadapHasilBelajarMatematika.JurnalPendidikanMatematika, 4 (2), 212-222.
Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222-231.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Syah M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.