PENGARUH SUBJECTIVE WELL BEING DIMASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Enik Maryanti Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas
  • Nurdin Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1356

Keywords:

Subjective Well Being, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Pandemic covid 19 mempengaruhi sebagian besar aspek dalam dunia Pendidikan termasuk pendidikan dasar. Salah satu aspek yang terdampak dari perubahan ini adalah hasil belajar. Hasil belajar dimasa pandemic ini dipengaruhi beberapa faktor di antaranya Subjective Well Being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Subjective Well Being dan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar dimasa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui pengaruh Subjective Well Being terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Sekolah Dasar di masa pandemik Covid-19. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh Siswa Sekolah Dasar yang terdapat di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Porvinsi Sulawesi Selatan dan sampelnya 360 orang siswa kelas IV SD dengan cara Purposive sampling. Data Subjective Well Being diperoleh menggunakan angket dan hasil belajar matematika menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjective Well Being siswa Sekolah Dasar dimasa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang dan Hasil Belajar Matematika siswa Sekolah Dasar dimasa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh Subjective Well Being terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Sekolah Dasar dimasa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Compton, W. C. (2000). Meaningfulness as a mediator of Subjective Well Being. Psychological reports, 87(1), 156-160.

Diener, E. (2000). Subjective Well-Being The Science of Happiness and a Proposal for a National Index. American Psychological Association Vol.LV (1), 34.

Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ Elementary School In Online Learning Of Covid-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58-70.

Froh, J. J., Franklin, B., & Templeton, J. (2009). Happiness. The Encyclopedia Of Positive Psychology, 1, 455-461.

Hudaifah, F. (2020). The Role of Self Regulated Learning in The Covid-19 Pandemic Era.Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu andemic n, 6(02), 76-84.

Maddux, J. E. (2018). Subjective Well Being and life satisfaction: An introduction to conceptions, theories, and measures. Routledge/Taylor & Francis Group

O’Connor, R. (1993). Issues in the measurement of health related quality of life. Australia.

Ramadhani, D. (2017). Efektivitas Bimbingan Gratitude Untuk Meningkatkan Subjective Well Being Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Shoshani, A., & Steinmetz, S. (2014). Positive psychology at school: A school-based intervention to promote adolescents’ mental health and well-being. Journal of Happiness
Studies, 15(6), 1289-1311.

Silvia, A. R. (2018). Efektivitas Teknik Coaching Untuk Peningkatan Psychological Well-Being Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wijayanti, P. A. K., Pebriani, L. V., & Yudiana, W. (2019). Peningkatan Subjective Well-Being In School Pada Siswa Melalui “Peer Support And Teaching Method Program”. Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 31-42.

Zakiyah, Z. (2020). Hubungan Antara Subjective Well Being Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Nuraida Islamic Boarding School (NIBS) Bogor. Jurnal Teknologi
Pendidikan, 9(1).

Downloads

Published

2021-08-18

How to Cite

Maryanti, E., Ilyas, M., & Nurdin. (2021). PENGARUH SUBJECTIVE WELL BEING DIMASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 80–88. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1356

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>