Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur

Authors

  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Self-Directed Learning, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah

Abstract

Menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan merupakan hal yang lebih penting, tidak hanya menerima pengetahuan. Belajar bagaimana cara belajar akan dapat dicapai oleh peserta didik bila mereka memiliki keterampilan belajar mandiri (self-directed learning) khususnya mahasiswa calon guru. Hal ini dikarenakan mahasiswa calon guru merupakan cikal bakal guru di masa mendatang yang akan membantu mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, untuk menghasilkan peserta didik pada tingkat SD, SMP, dan SMA yang mampu mandiri dalam belajar, maka calon guru lah yang pertama harus memiliki potensi/keterampilan tersebut. Untuk menanamkan jiwa SDL pada mahasiswa calon guru, diperkenalkan banyak strategi, teknik, metode serta model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih meningkatkan keterampilan SDL ini, salah satunya adalah model Problem-Based Learning (PBL). Hal ini disebabkan bahwa PBL akan menciptakan situasi di mana mahasiswa akan belajar untuk menyelesaikan tugasnya secara mandiri. Melalui studi ini diharapkan ditemukan suatu hipotesis yang nantinya akan dilakukan research untuk pembuktiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afgani & Sutawidjaja. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem-based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Arends, R I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, edisi 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burden, P R & Byrd, D M. (2010). Methods for Effective Teaching: Meeting the Needs of All Students, fifth edition. Boston: Pearson Education.

Fisher, King, & Tague. (2001). Development of a Self-Directed Learning Readiness Scale for Nursing Education. Sydney: Published online.

Friedman, Thomas L. (2007). The World is Flat: a Brief History of the Twenty-First Century. New York: Furtherupdate and Expanded.

Gerung, Nixon J. (2012). Conceptual Learning and Learning Style. Journal uniera, Volume 1 Nomor 1, Februari 2012.

Guglielmino, L. Madsen. (2013). The Case for Promoting Self-Directed Learning in Formal Educational Institutions. SA-eDUC JOURNAL Volume 10, Number 2, October 2013.

Juandi, D. (2006). Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi pada SPs UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.

Kemdikbud. (2014). Posisi Indonesia Naik ke Urutan 34, Global Competitiveness Index. Tersedia di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud /berita/3213. Diakses 28 Juli 2015.

Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: A guide for learners and teachers. Englewood Cliffs: Prentice Hall/Cambridge.

Kopertis. (2014). http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci. Diakses 27 Juli 2015.

Song & Hill. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, Volume 6, Number 1, Spring 2007. ISSN: 1541-4914.

Setyawati, Sri Panca. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.

Tan, O.S. (2003). Problem-based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in 21st Century. Singapore: Thomson Learning.

Tan, O.S. (2004). Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches: International Perspectives. Singapore: Thomson Learning.

Unsurni, Y. (2009). Pengaruh Penerapan Metode Belajar Resource Based Learning Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. UIN Sunan Ampel Surabaya

Utami, Oktaviana Tribakti. (2014). Kemandirian Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Dan Jenis Kelamin. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak dipublikasikan.

Published

2018-03-01

How to Cite

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 24–31. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/181

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>