Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3424

Keywords:

Mathematical Creative Thinking, Missouri Mathematics Project, Geometry

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi yang berkategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, dimana dalam penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis, lembar kerja peserta didik, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh.  Hasil penelitian  menunjukkan  kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kategori tinggi yaitu terletak pada indikator fluency, flexibility, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori sedang yaitu terletak pada indikator fluency, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah yaitu terletak pada indikator fluency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agoestanto, A,. dan Savitri, S.N. 2013. Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 71-77. Diakses 09 November 2019.

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses online pada Januari 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Ervinasari B & Astuti A. 2023. Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 2023, Pages 1958-1967.

Hidayat. 2011.Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011:272-279

Jannah. 2013. Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 61-66

Nasution, E.Y.P. 2013. Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 107-116

Setiyani. 2013. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 351-360

Siswono, T.E.Y. 2008. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal pendidikan matematika “Mathedu”3(1).

Yenni. 2016. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 3 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Salwah, S., Ashari, N. W., & Nurfitrah. (2024). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 251–258. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3424

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>