PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kemampuan, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Dalam dunia Pendidikan, selain memiliki kecerdsan intelektual siswa juga diharapkan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang stabil. Kecerdasan emosional memiliki berperan penting dalam proses pemenuhan kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan kecerdsasan emosional stabil akan lebih mampu untuk mengontrol diri, mengelola stress, dan mengatasi tantangan khususnya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kota Palopo dengan subjek adalah siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dimana data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi juga kemampuan pemecahan masalah matematikanya begitupun sebaliknya.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Elvira, N. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa smp muhammadiyah 47 sunggal t.p 2019/2020 skripsi. Universitas Muahmmadiah Sumatra Utara.
Ilyas, M., Ma’rufi, & Fitriani A. (2014). Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif dengan Mempertimbangkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA. Prosiding Seminar NasionalUniversitas Cokroaminoto Palopo.Halaman 28 dari 464. 4, 28–36.
Ilyas, M dan Salwah. (2016). Pengembangan model pembelajaran mbs dengan cara individu dan kelompok kecil berbasis karakter mempertimbangkan kecerdasan emosional. 3, 8–17.
Jatisunda, M.G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematic), 1(2), 24-30.
Jumarniati. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X se Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Kalsum, Umi dkk. 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan
Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.Vol. 2 No. 2
National Council Of Teachers Of Mathematic (NCTM). 2000. Priciple and Standarts For School Mathematics. NCTM.
Nuraini, S. (2014). Identifikasi tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi fungsi kuadrat Using multiply solusi tugas (MST). Jurnal ilmiah pendidikan matematika 3(3)
Sumarmo. (2005). Suatu Alternatif Pengajaran Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian FMIPA IKIP Bandung. Bandung.
Titi Shokhifatul, K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mateatika Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Nu Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral disertation, IAIN Purwokerto).
Yosepa, R. (2001). Diagnosis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori G. Polya. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.