PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ilyas Muhammad Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rachmat Fajar Halim Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kemampuan, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Dalam dunia Pendidikan, selain memiliki kecerdsan intelektual siswa juga diharapkan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang stabil. Kecerdasan emosional memiliki berperan penting dalam proses pemenuhan kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan kecerdsasan emosional stabil akan lebih mampu untuk mengontrol diri, mengelola stress, dan mengatasi tantangan khususnya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kota Palopo dengan subjek adalah siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dimana data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi juga kemampuan pemecahan masalah matematikanya begitupun sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Elvira, N. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa smp muhammadiyah 47 sunggal t.p 2019/2020 skripsi. Universitas Muahmmadiah Sumatra Utara.
Ilyas, M., Ma’rufi, & Fitriani A. (2014). Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif dengan Mempertimbangkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA. Prosiding Seminar NasionalUniversitas Cokroaminoto Palopo.Halaman 28 dari 464. 4, 28–36.
Ilyas, M dan Salwah. (2016). Pengembangan model pembelajaran mbs dengan cara individu dan kelompok kecil berbasis karakter mempertimbangkan kecerdasan emosional. 3, 8–17.
Jatisunda, M.G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematic), 1(2), 24-30.
Jumarniati. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X se Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Kalsum, Umi dkk. 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan
Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.Vol. 2 No. 2
National Council Of Teachers Of Mathematic (NCTM). 2000. Priciple and Standarts For School Mathematics. NCTM.
Nuraini, S. (2014). Identifikasi tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi fungsi kuadrat Using multiply solusi tugas (MST). Jurnal ilmiah pendidikan matematika 3(3)
Sumarmo. (2005). Suatu Alternatif Pengajaran Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian FMIPA IKIP Bandung. Bandung.
Titi Shokhifatul, K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mateatika Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Nu Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral disertation, IAIN Purwokerto).
Yosepa, R. (2001). Diagnosis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori G. Polya. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Ashari, N. W., Muhammad, I., & Halim, R. F. (2020). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 16–23. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/481

Most read articles by the same author(s)