Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3424Keywords:
Mathematical Creative Thinking, Missouri Mathematics Project, GeometryAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi yang berkategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, dimana dalam penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis, lembar kerja peserta didik, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kategori tinggi yaitu terletak pada indikator fluency, flexibility, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori sedang yaitu terletak pada indikator fluency, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah yaitu terletak pada indikator fluency.
Downloads
References
Agoestanto, A,. dan Savitri, S.N. 2013. Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 71-77. Diakses 09 November 2019.
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses online pada Januari 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Ervinasari B & Astuti A. 2023. Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 2023, Pages 1958-1967.
Hidayat. 2011.Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011:272-279
Jannah. 2013. Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 61-66
Nasution, E.Y.P. 2013. Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 107-116
Setiyani. 2013. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 351-360
Siswono, T.E.Y. 2008. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal pendidikan matematika “Mathedu”3(1).
Yenni. 2016. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 3 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.