DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION

Authors

  • Nunung Amalinda Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Habit of Striving for Accuracy and Precision

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal berpikir kritis matematis ditinjau dari Habit of Striving for Accuracy and Precision siswa SMP Negeri 2 Bua pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua yang berkategori pengguna, pelajar dan pemula. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan awal berpikir kritis matematis, (2) angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif  dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kategori pengguna yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan mengevaluasi, kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori pelajar yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan menganalisis, dan kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori pemula yaitu terletak pada indikator menginterpretasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Early, O. A. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Kemandirian Siswa kelas VIII Melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Elisna. 2017. Deskriptif Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Teorema Pythagoras Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Bua. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Goma, V. P. 2013. Analisis Kemampuan Awal Matematika pada Konsep Turunan Fungsi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bongomeme. Skripsi, 1
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. 2017. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Hendryawan, S., Yusuf, Y., & Wachyar, T. Y. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Green’s Motivational Strategies. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2).
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Ktiris Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 5(2).
Salwah. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Habit Of Striving For Accuracy and Precision (HSAP) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Gaya Kognitif Siswa Kelas VII (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMPN 5 Bandung). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Salwah, S. 2018. Habit of Striving For Accuracy andPrecision (HSAP) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Gaya Kognitif. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika.3(1).

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Amalinda, N. ., & Salwah, S. (2020). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 50–55. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/486

Most read articles by the same author(s)