DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION
Keywords:
Berpikir Kritis Matematis, Habit of Striving for Accuracy and PrecisionAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal berpikir kritis matematis ditinjau dari Habit of Striving for Accuracy and Precision siswa SMP Negeri 2 Bua pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua yang berkategori pengguna, pelajar dan pemula. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan awal berpikir kritis matematis, (2) angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kategori pengguna yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan mengevaluasi, kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori pelajar yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan menganalisis, dan kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori pemula yaitu terletak pada indikator menginterpretasi
Downloads
References
Elisna. 2017. Deskriptif Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Teorema Pythagoras Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Bua. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Goma, V. P. 2013. Analisis Kemampuan Awal Matematika pada Konsep Turunan Fungsi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bongomeme. Skripsi, 1
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. 2017. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Hendryawan, S., Yusuf, Y., & Wachyar, T. Y. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Green’s Motivational Strategies. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2).
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Ktiris Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 5(2).
Salwah. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Habit Of Striving For Accuracy and Precision (HSAP) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Gaya Kognitif Siswa Kelas VII (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMPN 5 Bandung). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Salwah, S. 2018. Habit of Striving For Accuracy andPrecision (HSAP) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Gaya Kognitif. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika.3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.