PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Lisa Ansari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Shindy Ekawati Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif tipe the power of two, Kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe the power of two. Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dan terpilih satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII.F dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran discovery learnin. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negari 1 Palopo sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah; (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negari 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two berada pada kategori rendah dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang; (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis tidak diterbitkan: UPI Bandung.
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Jurnal Pendidikan. Vol.28.No.2.
Mahmudi, A. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1. Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Jurnal Pendididkan Matematika,2(2).
Masithah, I. dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two (Kekuatan Berdua) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 11 Mataram pada Mata Pelajaran IPA Tahun Ajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. ISBN: 978-602-61265-2-8.
Prihartini, E. dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. PP.58-64.
Purwanto, D. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note Taking Disertai Media Interaktif terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bone-Bone. Skripsi tidak Diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Restu. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Problem Based Learning. Skripsi tidak Diterbitkan. Lampung: Universitas Lampung.
Saraswati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skiripsi tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Palopo.
Tabany, T. I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif , dan Kontekstual. Kencana. Jakarta.
Wandira, S, M, A. dkk. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan The Power Of Two Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1. P-ISSN: 2579-9827.
Wirajaya, L. 2019. Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 3, Nomor 1. P-ISSN 2656-5390.
Wuryaningsih, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Melalui Strategi Pembelajaran The Power of Two Pada Siswa Kelas IV SDN Pasucen 02. Skripsi Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Lisa Ansari, Salwah, S., & Ekawati, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 56–65. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/487

Most read articles by the same author(s)