PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MNINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Keywords:
Model Pembelajaran Generatif, Kemampuan Berpikir Reflektif MatematisAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequuivalen control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran konvensional. Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palopo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas. Kelas eksperimen yaitu kelas VII B di ajar dengan model pembelajaran generatif dan kelas kontrol di ajar dengan model pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palopo sebelum di ajar dengan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah (2) Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palopo setelah diajar dengan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi (3) Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI). 2017. Pengertian Kemampuan. (online) http://kkbi.web.id.
Luther. Asriyanti. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Nurdiyanto. Tito. 2019. Penerapan model Generative Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi limit kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya Palembang Indonesia. Skripsi Diterbitkan.
Rosadi, C. D. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi Melalui Penerapan PBI terhadap Siswa Kelas VII A SMP Harapan Mulia Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.
Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.