E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sumandya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Risky Saprilianti Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2122

Keywords:

E-LKPD, Etnomatematika, Media pembelajaran, Model Plomp, Trigonometri

Abstract

Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan untuk menjelaskan realitas hubungan antara budaya dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas E-LKPD berbasis etnomatematika pada materi trigonometri. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga fase, yaitu fase penelitian awal, fase pembuatan prototipe, serta fase penilaian. Sumber data dalam penelitian adalah validator, guru matematika, dan peserta didik di SMK Negeri 1 Denpasar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil uji validasi menyatakan bahwa E-LKPD “sangat valid” dengan nilai validasi media adalah 80%, nilai validasi materi adalah 98%, dan nilai validasi budaya adalah 80%. Hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa E-LKPD berada pada kategori “sangat praktis”. Hasil uji keefektifan menyatakan bahwa E-LKPD berada pada kategori “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, maka E-LKPD berbasis etnomatematika pada materi trigonometri merupakan media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Matriks Di SMA. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/16879/1/Skripsi Nazli Adriani.pdf
Ariyanto, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Firstananda, Erba and Sugiyono, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Dengan Pendekatan Guided Discovery Untuk Siswa Kelas VIII SMP. In Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/20112/
Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–9. http://journal.um.ac.id/index.php/pembelajaran-matematika/article/view/5560
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.894
Rasuh, N. T. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworksheets pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi, 6–10.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Silvia, T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut. In Skripsi. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=10336/1/SKRIPSI TIRA SILVIA 6
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Widayanti, A. N. D., Fitrihidajati, H., & Fauzia, A. N. M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas Vii. Pendidikan Sains, 4(03), 1–5.
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, Juni, 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/viewsis/7222/4450

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Ni Kadek Rini Purwati, I Wayan Sumandya, & Putu Risky Saprilianti Putri. (2023). E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 164–172. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2122