ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA KELAS IX

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2168

Keywords:

Menganalisis Kesulitan Peserta Didik, Bangun Ruang Dengan Bidang Datar, Memahami Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat menganalisis kesulitan peserta didik bersumber pada indeks materi bangun ruang dengan sisi datar sesuai dengan kemampuan pemahaman matematika peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek peneliti terdiri dari 24 orang siswa kelas IX di SMPN 7 Karawang Barat tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan informasi mengambil dari buatan uji kemampuan pemahaman melalui soal esay yang sudah diberikan serta dokumentasi buatan siswa. Bersumber pada buatan uji soal esay no satu dengan indeks menguasai definisi serta mengenali jaring- jaring kubus serta balok dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 57,81% tercantum dalam jenis rendah. Hasil uji soal no dua dengan indeks Menghitung luas permukaan serta Memastikan volume kubus dengan presentase yang diperoleh adalah 90,63% tercantum dalam jenis sangat besar. Hasil uji soal no tiga dengan indeks menuntaskan permasalahan kostektual yang berkaitan dengan balok dengan presentase yang diperoleh merupakan 37,5% tercantum dalam jenis sangat rendah. Serta hasil uji soal no 4 dengan indeks memastikan volume limas dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 55% tercantum dalam jenis rendah. Dapat disimpulkan kalau peserta didik bersumber pada kemampuan pemahaman matematika dalam menuntaskan soal esay bangun ruang dengan sisi datar mengerjakan soal no satu, tiga serta soal no empat peserta didik masih hadapi kesulitan dalam mengingat, menghafal, menguasai, merapkan serta menganalisis konsep ataupun prinsip, rumusan perhitungan simpel serta melakukan perhitungan secsuai dengan algoritma.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vina Oktaliana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Haerudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440-446).

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.

Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247-253.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata 2013, 1(1).

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata 2013, 1(1).

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203-214.

Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355-364.

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262.

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX pada materi bangun ruang. Union, 6(1), 356809.

Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157-170.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Oktaliana, V., & Haerudin. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA KELAS IX. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 197–204. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2168