ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2168Keywords:
Menganalisis Kesulitan Peserta Didik, Bangun Ruang Dengan Bidang Datar, Memahami Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan buat menganalisis kesulitan peserta didik bersumber pada indeks materi bangun ruang dengan sisi datar sesuai dengan kemampuan pemahaman matematika peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek peneliti terdiri dari 24 orang siswa kelas IX di SMPN 7 Karawang Barat tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan informasi mengambil dari buatan uji kemampuan pemahaman melalui soal esay yang sudah diberikan serta dokumentasi buatan siswa. Bersumber pada buatan uji soal esay no satu dengan indeks menguasai definisi serta mengenali jaring- jaring kubus serta balok dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 57,81% tercantum dalam jenis rendah. Hasil uji soal no dua dengan indeks Menghitung luas permukaan serta Memastikan volume kubus dengan presentase yang diperoleh adalah 90,63% tercantum dalam jenis sangat besar. Hasil uji soal no tiga dengan indeks menuntaskan permasalahan kostektual yang berkaitan dengan balok dengan presentase yang diperoleh merupakan 37,5% tercantum dalam jenis sangat rendah. Serta hasil uji soal no 4 dengan indeks memastikan volume limas dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 55% tercantum dalam jenis rendah. Dapat disimpulkan kalau peserta didik bersumber pada kemampuan pemahaman matematika dalam menuntaskan soal esay bangun ruang dengan sisi datar mengerjakan soal no satu, tiga serta soal no empat peserta didik masih hadapi kesulitan dalam mengingat, menghafal, menguasai, merapkan serta menganalisis konsep ataupun prinsip, rumusan perhitungan simpel serta melakukan perhitungan secsuai dengan algoritma.
Downloads
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247-253.
Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata 2013, 1(1).
Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.
Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata 2013, 1(1).
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.
Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203-214.
Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355-364.
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262.
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX pada materi bangun ruang. Union, 6(1), 356809.
Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157-170.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.