Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2173Keywords:
Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Hang Tuah Makassar pada mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah yang terdiri dari 5 kelas Pada tahun ajaran 2021-2022 yang diajar oleh guru yang berbeda dengan jumlah 175 siswa sedangkan sampelnya 140 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan fasilitas belajar siswa. Pengumpulan data prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Adapun data analisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (2) fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa matematika siswa pada mata pelajaran matematika, (3) terdapat pengaruh antara motivasi dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Downloads
References
Annes, A. (2013). A study of academic achievement in relation to intelligence of class VII students. Excellence International Journal of Education and Research. 1(3),239-248.
Annisa, S. A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Di Sdn Tugu Kota Semarang.
Arianto Sam. (2012). Sahabat Bersama. Online.
Bafadal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bumi Aksara.
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembalajaran. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar (Edisi Revi). Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Djamarah, Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara.
James Kpoviei, P., Igho Joe, A., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100. www.arcjournals.org
Jannah, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika Di Mi Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang.
Lawrence, a S. A., & Vimala, A. (2012). School environment and academic achievement of standard IX students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 2(3), 210–215. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED542331.pdf
Napsawati. (2020). Hubungan Kinerja Dan Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri Se. Karst, 2(2), 64–70.
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi.
Nurbaeti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ma Ddi Cambalagi.
Oemar, H. (2011). Proses Belajar Mengajar (Edisi 1). Bumi Aksara.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Rajawali Pers.
Senior, T. (2013). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 2, 44–57.
Siregar, S., Sari, R. I., Handayani, D., & Sartika, D. (2020). Proteksi Minat dan Motivasi Belajar Aud Selama Masa Pandemi Covid 19 di RA Hidayatullah Medan Marelan. Hikmah, 17(1), 46–60. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i1.77
Sopiatian, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasisi Kemampuan Siswa. Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penilitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodologi Penilitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sutomo. (2015). Manajemen Sekolah. Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 UNNES.
Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Widiasworo, E. (2015). Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. AR-RUSS MEDIA.
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Regresi Linier Berganda, 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.