Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Maros
  • Ledi Ledi

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2173

Keywords:

Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Hang Tuah Makassar pada mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah yang terdiri dari 5 kelas Pada tahun ajaran 2021-2022 yang diajar oleh guru yang berbeda dengan jumlah 175 siswa sedangkan sampelnya 140 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan fasilitas belajar siswa. Pengumpulan data prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Adapun data analisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (2) fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa matematika siswa pada mata pelajaran matematika, (3) terdapat pengaruh antara motivasi dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annes, A. (2013). A study of academic achievement in relation to intelligence of class VII students. Excellence International Journal of Education and Research. 1(3),239-248.

Annisa, S. A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Di Sdn Tugu Kota Semarang.

Arianto Sam. (2012). Sahabat Bersama. Online.

Bafadal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bumi Aksara.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembalajaran. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Djamarah, Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara.

James Kpoviei, P., Igho Joe, A., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100. www.arcjournals.org

Jannah, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika Di Mi Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang.

Lawrence, a S. A., & Vimala, A. (2012). School environment and academic achievement of standard IX students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 2(3), 210–215. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED542331.pdf

Napsawati. (2020). Hubungan Kinerja Dan Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri Se. Karst, 2(2), 64–70.

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi.

Nurbaeti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ma Ddi Cambalagi.

Oemar, H. (2011). Proses Belajar Mengajar (Edisi 1). Bumi Aksara.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Rajawali Pers.

Senior, T. (2013). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 2, 44–57.

Siregar, S., Sari, R. I., Handayani, D., & Sartika, D. (2020). Proteksi Minat dan Motivasi Belajar Aud Selama Masa Pandemi Covid 19 di RA Hidayatullah Medan Marelan. Hikmah, 17(1), 46–60. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i1.77

Sopiatian, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasisi Kemampuan Siswa. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penilitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penilitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sutomo. (2015). Manajemen Sekolah. Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 UNNES.

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.

Widiasworo, E. (2015). Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. AR-RUSS MEDIA.

Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Regresi Linier Berganda, 18.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rahmawati, R., & Ledi, L. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 104–113. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2173