Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Alat Media Gambar pada Siswa Kelas IX UPT SMPN 4 Satap Bone-Bone

Authors

  • Putu Suarta UPT SMPN 4 Satap Bone-Bone

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2184

Keywords:

Hasil belajar matematika, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini merupaka penelitian tindakan (classroom action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX UPT SMPN 4 Satap Bone-Bone. Tehnik analisi data dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data bahwa didapatkan bahwa hasil belajar matematika melalui penggunaan alat media gambar, siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (67,64%), siklus II (82,35%). Penggunaan media gambar ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada pembelajaran matematika dan juga pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ashari, N.W., Salwah, & Fitriani. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Scaffolding Melalui Lesson Study Pada Mata Kuliah Analisis Real. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 23–36. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.10
Azhar, Arsyad. 2003. Media Pembelajaran, cet.II, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S. B. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Engkoswara, 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Alat Peraga, Jakarta: PT. Pirman Resama
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Handayani, S. L. W., & Sugiman, S. (2019). Media Gambar Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas 1C SLBN Salatiga Dalam Belajar Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 349-354).
Hasan, Ani M. 2004. Pengembangan Profesional Guru. Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurdin, Syarifuddin. 2000. Model Pembelajaran Yang Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kuantum Teaching.
Poerdarmita, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahas Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.
Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instrusional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Suarta, P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Alat Media Gambar pada Siswa Kelas IX UPT SMPN 4 Satap Bone-Bone. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 114–121. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2184