DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI BENTENG UTARA NO. 4 KEPULAUAN SELAYAR

Authors

  • Nurul Azizah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mukhlis Mukhlis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ma’rup Ma’rup Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2219

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi SPLDV pada Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri Benteng Utara No. 4 Kepulauan Selayar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SMP Negeri Benteng Utara No. 4 Kepulauan Selayar sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa jawaban lengkap dan benar, 2 siswa jawaban tidak lengkap dan benar, dan 2 siswa jawaban salah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa jawaban lengkap dan benar mampu menyelesaikan masalah dengan benar dan mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah menurut Polya. (2) siswa jawaban tidak lengkap dan benar mampu menyelesaikan masalah dengan benar, akan tetapi tidak memenuhi semua indikator pemecahan masalah menurut Polya. (3) siswa jawaban salah belum mampu menyelesaikan masalah dengan benar dan belum mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah menurut Polya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. 2019. "Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya" dalam Mathematics Education Journal Volume 1 (hal 54).
Bernard, M. 2015. "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0" dalam Infinity Journal Volume 4 (hal 197).
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. 2018. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar" dalam SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Volume 2 (hal 77–83).
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. 2016. "Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA" dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hal 151–160).
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. S. 2020. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial" dalam Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 (hal 1072–1082).
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. 2014. "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd" dalam Satya Widya Volume 30 (hal 17-27).
Juliana, Ekawati, D., & Basir, F. 2017. "Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel" dalam Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung Volume 2 (hal 121–133).
Karlimah. 2020. "Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah" dalam Seminar Nasional FMIPA-UT Volume 11 (hal 55).
Nahdataeni, Sukayasa, & Linawati. 2015. "Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar di Kelas X SMA Negeri 2 Palu" dalam AKSIOMA Jurna Pendidikan Matematika Volume 4 (hal 9–25).
Nurhayati, & Bernard, M. 2019. "Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Smk Bina Insan Bangsa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan" dalam Journal On Education Volume 1 (hal 497–502).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. In Vascular Embolotherapy. kemendikbud.
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. 2020. "Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkan-langkah Menurut Polya" dalam Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 3 (hal 371–384).
Saputri, R. A. 2019. "Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya" dalam Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 3 (hal 21–38).
Sumartini, T. S. 2016. "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pmbelajaran Berbasis Masalah" dalam Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Volume 5 (hal 148–158).
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. 2017. "Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis" dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 4 (hal 166).
Widodo, S. A. 2016. "Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Pada Mahasiswa Matematika" dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan Volume 4.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. 2018. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya" dalam Jurnal Tadris Matematika Volume 1 (hal 137–14

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Azizah, N., Mukhlis, M., & Ma’rup, M. (2023). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI BENTENG UTARA NO. 4 KEPULAUAN SELAYAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 249–259. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2219