Desain Pembelajaran Teorema Pythagoras Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dengan Model Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Adifa Shafa Kamilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2529

Keywords:

Pythagorean Theorem, Guided Inquiry, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Design Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran materi teorema Pythagoras melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Model Inkuiri Terbimbing menggunakan konteks Lintasan MRT. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Design Research. Karakteristik esensial dari design research yaitu berbentuk siklus (cyclic). Subjek penelitian pada siklus 1 atau pengajaran awal/preliminary teaching melibatkan 6 orang siswa di Sekolah Surau Merantau kelas 8 SMP. Pada siklus 2 atau uji coba pengajaran/teaching experiment dengan subjek sebanyak 26 siswa kelas 8 di SMPIT Asy-Syukriyyah. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa penggunaan konteks lintasan MRT dalam kegiatan belajar mengenai teorema Pythagoras berbasis TPACK dengan model inkuiri terbimbing dapat mendukung siswa untuk dapat aktif berdiskusi. Penggunaan konteks lintasan MRT juga mendukung siswa mengenal akan keterkaitan konteks lintasan MRT dengan segitiga siku-siku dan teorema Pythagoras.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affaf, M. (2017). Konstruksi Baru Untuk Tripel Pythagoras. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 69. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.217

Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.233

Gravemeijer, K. & Cobb, P. (2006). Design Research from A Learning Design Perspective. Dalam Jvd. Akker, K. Gravemeijer, S. Mckenney, & N. Nieveen (Penyunting), Educational Design Research (17-51). London: Routledge Taylor and Francis Group.

Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2368

Khoerunnisa, D., & Puspita Sari, I. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1741. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1731-1742

Moanoang, C., Arsyad, N., & Nasrullah, N. (2021). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Bunda Kasih Sudiang. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(2), 100. https://doi.org/10.35580/imed23842

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research: (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). In PT RajaGrafindo Persada.

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47–56. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1430

Ramadhanti, P., Siahaan, S. M., & Fathurohman, A. (2015). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada Materi Elastisitas untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 88–99.

Rangkuti, A. N., & Siregar, A. I. (2020). Lintasan Belajar Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 149–162. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2112

Rifai, M., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembuktian Teorema Pythagoras. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 43. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.953

Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342

Sari, N. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Diri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 135–144. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.10967

Sukirwan, S., Fitri, P. R., Warsito, & Saleh, H. (2022). Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 79–97. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/3675

Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Kamilah, A. S., & Sukirwan, S. (2023). Desain Pembelajaran Teorema Pythagoras Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 12–23. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2529