Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2681Keywords:
Desain Pembelajaran, Geogebra, Hipotesis Lintasan BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran kesebangunan bangun datar melalui perancangan hipotesis lintasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian desain, yang meliputi tahapan sebagai berikut: persiapan dan desain, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu dokumentasi hasil kerja siswa, rekaman video, dan wawancara selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus di SMP Negeri 3 Kota Serang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C (siklus pertama) dan IX A (siklus kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui hipotesis lintasan belajar melalui konteks bangunan bersejarah kota tua, yang terdiri dari aktivitas: (1) mengamati gambar asli dengan gambar di dalam foto, (2) menunjukkan bagian yang bersesuaian, (3) menemukan perbandingan yang sama, (4) mengidentifikasi dua bangun datar, (5) mengelompokkan sisi dan sudut yang bersesuaian dengan bantuan geogebra, (6) menganalisis syarat kesebangunan bangun datar, (7) memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kesebangunan.
Downloads
References
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
Fitriyani, Sakur, & Maimunah. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX. Journal for Research in Mathematics Learning) p, 3(1), 81–090.
Gravemeijer K & Cobb P 2006 Utrecht, the Netherlands Susan McKenney University of Twente, the Netherl in Design research from a learning design perspective, 17–51
Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444
Japa, N., Suarjana, & Widiana. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47. www.GeoGebra.org
Kadir, & Masi, L. (2014). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Using Context and Mathematical Prior Knowledge in Learning Students’ Creativity Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika, 5.
Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran Spatializing Mathematics Learning View project. CV. Reka Karya Amerta,. https://www.researchgate.net/publication/328334164
Rasyid, A. L. A., G, A. L. N., Irsan, Amelia, W., & Muhammad, R. M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.546
Rosmita, A., Nasution, H. N., & Ahmad, M. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathematic Education Journal, 3(2). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2018). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Konteks Budaya Batak Toba. Journal of Mathematics Education and Science, ISSN (1).
Sukirwan, Fitri, P. R., Warsito, & Saleh, H. (2022). Desain Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 79–97. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3675
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). NoerFikri Offset.
Surya, A. (2018). Learning trajectory pada pembelajaran matematika sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.