Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra

Authors

  • Meylia Putri Rachmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Sukirwan

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2681

Keywords:

Desain Pembelajaran, Geogebra, Hipotesis Lintasan Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran kesebangunan bangun datar melalui perancangan hipotesis lintasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian desain, yang meliputi tahapan sebagai berikut: persiapan dan desain, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu dokumentasi hasil kerja siswa, rekaman video, dan wawancara selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus di SMP Negeri 3 Kota Serang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C (siklus pertama) dan IX A (siklus kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui hipotesis lintasan belajar melalui konteks bangunan bersejarah kota tua, yang terdiri dari aktivitas: (1) mengamati gambar asli dengan gambar di dalam foto, (2) menunjukkan bagian yang bersesuaian, (3) menemukan perbandingan yang sama, (4) mengidentifikasi dua bangun datar, (5) mengelompokkan sisi dan sudut yang bersesuaian dengan bantuan geogebra, (6) menganalisis syarat kesebangunan bangun datar, (7) memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kesebangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826

Fitriyani, Sakur, & Maimunah. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX. Journal for Research in Mathematics Learning) p, 3(1), 81–090.

Gravemeijer K & Cobb P 2006 Utrecht, the Netherlands Susan McKenney University of Twente, the Netherl in Design research from a learning design perspective, 17–51

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444

Japa, N., Suarjana, & Widiana. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47. www.GeoGebra.org

Kadir, & Masi, L. (2014). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Using Context and Mathematical Prior Knowledge in Learning Students’ Creativity Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika, 5.

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran Spatializing Mathematics Learning View project. CV. Reka Karya Amerta,. https://www.researchgate.net/publication/328334164

Rasyid, A. L. A., G, A. L. N., Irsan, Amelia, W., & Muhammad, R. M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.546

Rosmita, A., Nasution, H. N., & Ahmad, M. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathematic Education Journal, 3(2). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2018). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Konteks Budaya Batak Toba. Journal of Mathematics Education and Science, ISSN (1).

Sukirwan, Fitri, P. R., Warsito, & Saleh, H. (2022). Desain Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 79–97. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3675

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). NoerFikri Offset.

Surya, A. (2018). Learning trajectory pada pembelajaran matematika sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Meylia Putri Rachmawati, & Sukirwan, S. (2023). Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 93–102. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2681