Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586Keywords:
Media Pembelajaran, Flipchart, EtnomatematikaAbstract
Mengingat pentingnya peranan media dalam proses pembelajaran matematika seharusnya menggunakan alat media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Berdasarkan penelitian di MAN 1 Kota Sungai Penuh bahwasanya siswa hanya menggunakan LKS dan tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung. Materi yang diajarkan tidak dikaitkan dengan lingkungan sekitar untuk itu peneliti menggunakan proses pembelajaran menggunakan metode yang berbasis etnomatematika dan budaya lingkungannya adalah anyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika yang sangat valid dan sangat praktis dalam membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develomen (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 langkah yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develoment), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil analisis terhadap lembar validasi materi dan validasi media pembelajaran pada materi barisan dan deret menunjukkan bahwa produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatematika yang dikembangkan adalah sangat valid. Produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatematika juga sangat praktis yang dilihat dari hasil analisis angket respon guru dan angket respon siswa.Downloads
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.
Aini, E. P., Komarudin, & Masykur, R. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Matematika, 1(1), 73–79.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150.
Fauzan, R., & Zulminiati, Z. (2022). Pengaruh Mini Flip Chart Terhadap Kemampuan Pra-Matematika Mengklasifikasikan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16763-16772.
Halim Fhatni, A. (2014). Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666
Jf, N. Z., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88-109.
Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya kediri dalam pembelajaran matematika (pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik). JIPMat, 2(1).
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Malang: PT.Gunung samudera (p. 212).
Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205-221.
Paskoni, P., Nasution, E. Y. P., & Putri, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di mts swasta lhulo. Nabla Dewantara, 4(2), 30-38.
Rahmad, A. H. Al, & Almunadia. (2017). Pemanfaatan Media Flipchart Dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur Dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 17(3), 140–146. https://doi.org/10.24815/jks.v17i3.9062
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.
Sari, S. A., Nasution, E. Y. P., & Laswadi, L. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 105-118.
Somawati, S. (2019, June). Pemberdayaan Sekolah Melalui Pelatihan Penyusunan Flip Chart Dan Flash Card Pada Pembelajaran Matematika. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.
Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.