Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika

Authors

  • Firda Angraini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Mesi Oktafia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Eline Yanti Putri Nasution

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586

Keywords:

Media Pembelajaran, Flipchart, Etnomatematika

Abstract

Mengingat pentingnya peranan media dalam proses pembelajaran matematika seharusnya menggunakan alat media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Berdasarkan penelitian di MAN 1 Kota Sungai Penuh bahwasanya siswa hanya menggunakan LKS dan tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung. Materi yang diajarkan tidak dikaitkan dengan lingkungan sekitar untuk itu peneliti menggunakan proses pembelajaran menggunakan metode yang berbasis etnomatematika dan budaya lingkungannya adalah anyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika yang sangat valid dan sangat praktis dalam membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develomen (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 langkah yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develoment), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil analisis terhadap lembar validasi materi dan validasi media pembelajaran pada materi barisan dan deret menunjukkan bahwa produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatematika yang dikembangkan adalah sangat valid. Produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatematika juga sangat praktis yang dilihat dari hasil analisis angket respon guru dan angket respon siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Firda Angraini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Alumnus

Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Selvia Erita, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Mesi Oktafia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.

Aini, E. P., Komarudin, & Masykur, R. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Matematika, 1(1), 73–79.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150.

Fauzan, R., & Zulminiati, Z. (2022). Pengaruh Mini Flip Chart Terhadap Kemampuan Pra-Matematika Mengklasifikasikan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16763-16772.

Halim Fhatni, A. (2014). Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666

Jf, N. Z., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88-109.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya kediri dalam pembelajaran matematika (pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik). JIPMat, 2(1).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Malang: PT.Gunung samudera (p. 212).

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205-221.

Paskoni, P., Nasution, E. Y. P., & Putri, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di mts swasta lhulo. Nabla Dewantara, 4(2), 30-38.

Rahmad, A. H. Al, & Almunadia. (2017). Pemanfaatan Media Flipchart Dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur Dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 17(3), 140–146. https://doi.org/10.24815/jks.v17i3.9062

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.

Sari, S. A., Nasution, E. Y. P., & Laswadi, L. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 105-118.

Somawati, S. (2019, June). Pemberdayaan Sekolah Melalui Pelatihan Penyusunan Flip Chart Dan Flash Card Pada Pembelajaran Matematika. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Angraini, F., Erita, S., Oktafia, M., & Nasution, E. Y. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586