Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu

Authors

  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Ardhilah Wahyudi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ainayya Al-fatiha Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612

Keywords:

Problem Based Learning, Math City Map

Abstract

Ainayya Al-Fatiha, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing oleh Sirajuddin dan Andi Ardhilah Wahyudi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre-test dan  post-test, respon siswa, dan aktivitas siswa Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Hal ini dapat dilihat pretest hasil belajar siswa 8% Tuntas, sedangkan Post-test hasil belajar siswa 100% Tuntas. Dari hasil respon siswa dapat dilihat rata-rata persentase angket respon siswa 78% memberikan respon positif. Adapun hasil aktivitas siswa rata-rata persentase 86% menunjukkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 265 Timampu.

Kata kunci : Problem Based Learning, Math City Map

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5338

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019, July). Kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan berbasis teknologi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang

Taufiq, A. 2014. Pendidikan Anak di SD. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta ).

Wahyuni, S. (2022). Matematika Peserta Didik SDN Harjasari Pengaruh Model Problem Based (PBL) Berbantuan Lectora Terhadap Minat Belajar 01. E-Journal Research: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 5(3). file:///C:/Users/acer/Downloads/artikel+Sri+Wahyuni.pdf

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Sirajuddin, S., Wahyudi, A. A., & Al-fatiha, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 55–63. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612