E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2679Keywords:
Berpikir Reflektif Matematis, E-LKPD, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini mendapatkan dukungan dari fenomena rendahnya kemampuan dalam berpikir secara reflektif matematis pada siswa di bangku SMP. Memiliki tujuan untuk melakukan pemaparan terkait pengembangan dari sistem E-LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai upaya untuk melakukan peningkatan terkait kemampuan dalam berpikir secara reflektif sistematis terhadap siswa baru SMP dan sebagai upaya untuk diketahuinya mengenai layak atau tidaknya diaplikasikan E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini melakukan pengembangan dengan mengaplikasikan model pengembangan Yakni dengan menyesuaikan tujuh tahapan antaranya potensi dan masalah, pengumpulan informasi atau pengumpulan data, desain mengenai produk, upaya melakukan validasi terhadap desain, melakukan perbaikan atau revisi, melakukan uji coba secara terbatas, dan melakukan perbaikan terhadap produk. Validasi terhadap produk pengembangan tersebut dilakukan pengujian oleh tiga ahli, meliputi satu ahli di bidang praktisi, dan 2 ahli pada bidang media yang telah melaksanakan upaya pengujian terhadap bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan. Hasil dari upaya validasi materi menyajikan bahwa presentase 88,80% dengan memiliki kategori “Sangat Valid”, hasil dari upaya validasi terhadap media menyajikan presentasi 82% “Cukup Valid”. E-LKPD terkait dilakukan penguji cobaan pada 10 hingga 20 siswa di bangku SMP yang secara khusus pada kelas kelas VIII. Hasil dari respon siswa berdasar angket yang telah diperoleh secara terbuka dan tertutup menyajikan presentase 96,7% dengan masuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Berdasar pada hasil terkait, E-LKPD dengan Problem Based Learning pada kemampuan berpikir secara reflektif matematis dapat diberikan pernyataan layak untuk diaplikasikan sebagai metode bahan ajar dalam pembelajaran matematika yang secara khusus pada materi bangun ruang sisi datar.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anwar, A., & Sofiyan, S. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. Numeracy Journal, 5(1)
Apriani, F. N., Novaliyosi, N., & Jaenudin, J. (2021). PENGEMBANGAN Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 88-96.
Dianti, A., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(5).
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis serta kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nismawati, N., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lingkungan. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 78-93.
Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2020). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Sabandar, J. (2013). Berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.