Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyusun Kegiatan Pembelajaran pada Modul Ajar berbasis Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2716Keywords:
Kegiatan Pembelajaran, Modul Ajar, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam menyusun kegiatan pembelajaran pada modul ajar bersasi kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan yang dilakukan dengan meminta dokumen modul ajar mahaiswa, kemudian dilakukan telaah. Selanjutnya dilakukan analisis data dan penarikan kesimpulan dari semua pengumpulan data yang dilakukan. Subjek penelitian ditujukan kepada lima mahasiswa pendidikan Matematika Untirta yang mengampu mata kuliah PPLK, yang mendapatkan penempatan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang diambil dari modul ajar berbasis kurikulum merdeka dinyatakan baik atau sudah mampu dalam menyusun kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang meliputi kegiatan awal, inti dan akhir.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak
Publisher).
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam
Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan
Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2),
Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar
Nasional Mahasiswa Unimus, 1(0), Article 0.
https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/view/194
Fauzan, G. A., & Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Matematika
Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Viii B Smp Bina Harapan Bangsa.
JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), Article 1.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p17-24
KemendikbudRI. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Merdeka Belajar.
Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Unduhan/Bukusaku.Pdf
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, & Makrufi, A. D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka
(Cetakan 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.
EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di
Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), Article 2.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1.
https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi :
Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), Article 2.
https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Nengsi, N. (2021). Analisis Perubahan Kurikulum Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. 107.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi
Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan
Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan
Agama Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam
Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal
Tindakan Kelas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di
Man 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), Article 2.
https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047
Setiani, A. (2020, January). Analisis Ragam Kesulitan Mahasiswa Dalam Merancang
Perangkat Pembelajaran Ktsp Dan Kurikulum 2013 Pada Matakuliah Ppm Di
Universitas Muhammadiyah Sukabumi [Experiment]. Universitas Muhammadiyah
Sukabumi. http://eprints.ummi.ac.id/1509/
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sumartini, T. S. (2020). Self Efficacy Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.797
Suparman, D. T. (2020). Kurikulum Dan Pembelajaran. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,
dan Pengembangan, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar
Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of
Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan
Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), Article 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.