Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyusun Kegiatan Pembelajaran pada Modul Ajar berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ika Nuraini Untirta
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2716

Keywords:

Kegiatan Pembelajaran, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam menyusun kegiatan pembelajaran pada modul ajar bersasi kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan yang dilakukan dengan meminta dokumen modul ajar mahaiswa, kemudian dilakukan telaah. Selanjutnya dilakukan analisis data dan penarikan kesimpulan dari semua pengumpulan data yang dilakukan. Subjek penelitian ditujukan kepada lima mahasiswa pendidikan Matematika Untirta yang mengampu mata kuliah PPLK, yang mendapatkan penempatan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang diambil dari modul ajar berbasis kurikulum merdeka dinyatakan baik atau sudah mampu dalam menyusun kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang meliputi kegiatan awal, inti dan akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak

Publisher).

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam

Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan

Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2),

Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar

Nasional Mahasiswa Unimus, 1(0), Article 0.

https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/view/194

Fauzan, G. A., & Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Matematika

Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Viii B Smp Bina Harapan Bangsa.

JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), Article 1.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p17-24

KemendikbudRI. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Merdeka Belajar.

Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Unduhan/Bukusaku.Pdf

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, & Makrufi, A. D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka

(Cetakan 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa

Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.

EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.

https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di

Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), Article 2.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1.

https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi :

Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), Article 2.

https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Nengsi, N. (2021). Analisis Perubahan Kurikulum Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi

Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. 107.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi

Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan

Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan

Agama Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam

Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal

Tindakan Kelas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di

Man 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), Article 2.

https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Setiani, A. (2020, January). Analisis Ragam Kesulitan Mahasiswa Dalam Merancang

Perangkat Pembelajaran Ktsp Dan Kurikulum 2013 Pada Matakuliah Ppm Di

Universitas Muhammadiyah Sukabumi [Experiment]. Universitas Muhammadiyah

Sukabumi. http://eprints.ummi.ac.id/1509/

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sumartini, T. S. (2020). Self Efficacy Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.797

Suparman, D. T. (2020). Kurikulum Dan Pembelajaran. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,

dan Pengembangan, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar

Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of

Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan

Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), Article 3.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1396

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Ika Nuraini, & Nindiasari, H. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyusun Kegiatan Pembelajaran pada Modul Ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 120–131. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2716