ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN LINGKARAN DITINJAU DARI KEPRIBADIAN DISC

Authors

  • Farisa Nurillah Universitas Jember
  • Sunardi Sunardi Universitas Jember
  • Abi Suwito Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2853

Abstract

Berpikir kritis memiliki peranan krusial pada potensi memecahkan persoalan sampai penarikan kesimpulan. Proses berpikir peserta didik dipengaruhi oleh tipe kepribadian yang berbeda. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan lingkaran ditinjau dari kepribadian DISC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dari masing-masing tipe kepribadian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hanya tipe kepribadian Steadiness dan Compliance yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedangkan tipe kepribadian Dominance dan Influence tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Farisa Nurillah, Sunardi, S., Suwito, A., & Yudianto, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN LINGKARAN DITINJAU DARI KEPRIBADIAN DISC. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 316–328. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2853