Pengaruh Marketing Mix pada Produk Gadai Syariah terhadap Minat Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu

Authors

  • Titi Amriani Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Sulma Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Harianto Harianto Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Yuliartati Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3172

Keywords:

Pegadaian Syariah, Marketing Strategy, Customer Interes

Abstract

Pegadaian Syariah, sebagai lembaga keuangan yang berbasis syariah, menawarkan berbagai produk dan layanan, sehingga strategi pemasaran menjadi elemen krusial dalam mendukung pertumbuhan dan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menginvestigasi pengaruh strategi pemasaran terhadap minat nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu. Populasi yang dimaksud pada penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu yang berjumlah 142 orang, dengan mengacu pada persamaan slovin dengan perkiraan tingkat kesalahan 5% maka data sampel yang digunakan adalah sebanyak 105 orang. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan mengenai strategi pemasaran dan minat nasabah yang diukur dengan skala likert, selanjutnya dilakukan uji intrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstanta regresi bernilai 18,646 artinya jika strategi pemasaran marketing mix bernilai 0 maka minat nasabah terhadap produk gadai bernilai 18,646, adapun koefisien regresi bernilai 0,468 artinya setiap marketing mix mengalami kenaikan satu satuan maka minat nasabah terhadap produk gadai akan meningkat sebesar 0,468. Koefisien determinasi bernilai 0,404 yang berarti bahwa persentase pengaruh marketing mix terhadap minat nasabah adalah 40,4%. Berdasarkan hasil Uji t diperoleh bahwa marketing mix berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung yaitu 8,354 lebih besar dari t tabel yaitu 1,1659.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, R., Iswandi, D., & Nurhab, B. (2021). Analisis Risiko Operasional Pada Pegadaian Syariah KC. Bengkulu Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 116. https://doi.org/10.29300/aij.v7i2.4331

Basalamah, M. S. A., & Bahari, A. F. (2022). Penerapan Total Quality Service pada Pegadaian Syariah. YUME: Journal of Management, 5(3), 677–690.

Basri, Z., Fatimah, S., & Farild, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar. IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2(2), 21–35.

Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Kemampuan Manajerial pada Pedagang Pakaian Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10

Firdaus, M. (2019). Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif (Ketiga). Bumi Aksara.

Karimah, A. N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kepercayaan, dan Teknologi Informasi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) pada Pegadaian Syariah Kota Semarang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Lisdayanti, L. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggadaikan Emas Pada Produk Layanan Gadai Emas Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Lubis, Z. (2021). Statistika tarapan untuk ilmu ilmu sosial dan ekonomi. Penerbit Andi.

Madjid, N., Fielnanda, R., & Sesarwati, B. (2022). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Promosi Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Jelutung. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i1.692

Muthohirin, I. (2017). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi kasus pada devisi processing PT. Syngenta Seed Indonesia). Jurnal Sketsa Bisnis, 4(2), 85–96.

Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.

Nur, K., Muin, R., & Parakkasi, I. (2022). Konsep Harga Lelang Terhadap Barang Gadai Dalam Perspektif Ekonomi Islam pada PT. Pegadaian Syariah Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. AT TAWAZUN Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 56–67.

Nurafifah, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Milfa Laundry Terhadap Keputusan Pelanggan. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Putra, W., Winarno, W., & Sari, R. P. (2022). Analisis Pengaruh Periklanan Mobile Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar XL Karawang. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(1). https://doi.org/10.20961/joive.v5i1.62573

Rahmawati, I., & Illiyyin, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 103–112.

Suhaidi, M. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Jasa Keuangan Syariah Perspektif Islamic Marketing Ethics. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 666. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4617

Sulma, S., Rasyid, N. A., & Widana, I. N. (2023). Frozen Initial Liability Method to Determine Normal Cost of Pensiun Fund with Vasicek Interest Rate Model. Journal of Fundamental Mathematics and Applications (JFMA), 6(2), 148–157. https://doi.org/10.14710/jfma.v6i2.20150

Sulma, S., Widana, I. N., Toaha, S., & Fitria, I. (2023). Comparison of Projected Unit Credit and Entry Age Normal Methods nn Pension Fund Vasicek and Cox- Ingersoll-Ross Models. BAREKENG: Journals of Mathematics and Its Application, 17(4), 2421–2432.

Tala, O., & Karamoy, H. (2017). Analisis Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. ACCOUNTABILITY, 6(1), 57. https://doi.org/10.32400/ja.16027.6.1.2017.57-64

Tulasmi, T., & Mukti, T. (2020). Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 239. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1072

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Amriani, T., Sulma, Harianto, H., & Yuliartati. (2024). Pengaruh Marketing Mix pada Produk Gadai Syariah terhadap Minat Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 133–144. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3172