Pengaruh Marketing Mix pada Produk Gadai Syariah terhadap Minat Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3172Keywords:
Pegadaian Syariah, Marketing Strategy, Customer InteresAbstract
Pegadaian Syariah, sebagai lembaga keuangan yang berbasis syariah, menawarkan berbagai produk dan layanan, sehingga strategi pemasaran menjadi elemen krusial dalam mendukung pertumbuhan dan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menginvestigasi pengaruh strategi pemasaran terhadap minat nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu. Populasi yang dimaksud pada penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah Cabang Ujung Bulu yang berjumlah 142 orang, dengan mengacu pada persamaan slovin dengan perkiraan tingkat kesalahan 5% maka data sampel yang digunakan adalah sebanyak 105 orang. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan mengenai strategi pemasaran dan minat nasabah yang diukur dengan skala likert, selanjutnya dilakukan uji intrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstanta regresi bernilai 18,646 artinya jika strategi pemasaran marketing mix bernilai 0 maka minat nasabah terhadap produk gadai bernilai 18,646, adapun koefisien regresi bernilai 0,468 artinya setiap marketing mix mengalami kenaikan satu satuan maka minat nasabah terhadap produk gadai akan meningkat sebesar 0,468. Koefisien determinasi bernilai 0,404 yang berarti bahwa persentase pengaruh marketing mix terhadap minat nasabah adalah 40,4%. Berdasarkan hasil Uji t diperoleh bahwa marketing mix berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung yaitu 8,354 lebih besar dari t tabel yaitu 1,1659.Downloads
References
Agustian, R., Iswandi, D., & Nurhab, B. (2021). Analisis Risiko Operasional Pada Pegadaian Syariah KC. Bengkulu Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 116. https://doi.org/10.29300/aij.v7i2.4331
Basalamah, M. S. A., & Bahari, A. F. (2022). Penerapan Total Quality Service pada Pegadaian Syariah. YUME: Journal of Management, 5(3), 677–690.
Basri, Z., Fatimah, S., & Farild, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar. IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2(2), 21–35.
Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Kemampuan Manajerial pada Pedagang Pakaian Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10
Firdaus, M. (2019). Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif (Ketiga). Bumi Aksara.
Karimah, A. N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kepercayaan, dan Teknologi Informasi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) pada Pegadaian Syariah Kota Semarang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Lisdayanti, L. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggadaikan Emas Pada Produk Layanan Gadai Emas Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 2. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Lubis, Z. (2021). Statistika tarapan untuk ilmu ilmu sosial dan ekonomi. Penerbit Andi.
Madjid, N., Fielnanda, R., & Sesarwati, B. (2022). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas dan Promosi Terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Jelutung. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i1.692
Muthohirin, I. (2017). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi kasus pada devisi processing PT. Syngenta Seed Indonesia). Jurnal Sketsa Bisnis, 4(2), 85–96.
Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.
Nur, K., Muin, R., & Parakkasi, I. (2022). Konsep Harga Lelang Terhadap Barang Gadai Dalam Perspektif Ekonomi Islam pada PT. Pegadaian Syariah Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. AT TAWAZUN Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 56–67.
Nurafifah, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Milfa Laundry Terhadap Keputusan Pelanggan. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Putra, W., Winarno, W., & Sari, R. P. (2022). Analisis Pengaruh Periklanan Mobile Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar XL Karawang. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(1). https://doi.org/10.20961/joive.v5i1.62573
Rahmawati, I., & Illiyyin, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 103–112.
Suhaidi, M. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Jasa Keuangan Syariah Perspektif Islamic Marketing Ethics. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 666. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4617
Sulma, S., Rasyid, N. A., & Widana, I. N. (2023). Frozen Initial Liability Method to Determine Normal Cost of Pensiun Fund with Vasicek Interest Rate Model. Journal of Fundamental Mathematics and Applications (JFMA), 6(2), 148–157. https://doi.org/10.14710/jfma.v6i2.20150
Sulma, S., Widana, I. N., Toaha, S., & Fitria, I. (2023). Comparison of Projected Unit Credit and Entry Age Normal Methods nn Pension Fund Vasicek and Cox- Ingersoll-Ross Models. BAREKENG: Journals of Mathematics and Its Application, 17(4), 2421–2432.
Tala, O., & Karamoy, H. (2017). Analisis Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. ACCOUNTABILITY, 6(1), 57. https://doi.org/10.32400/ja.16027.6.1.2017.57-64
Tulasmi, T., & Mukti, T. (2020). Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 239. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1072
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.